Libur Lebaran, Wisatawan Menyemut di Bibir Pantai Bira

Pengunjung Pantai Bira, Rabu 4 Mei 2022. (Manifesto)
Pengunjung Pantai Bira, Rabu 4 Mei 2022. (Manifesto)
judul gambar

MANIFESTO, BIRA– Masyarakat Sulawesi Selatan benar- benar memanfatkan libur lebaran tahun ini untuk berlibur dengan keluarga setelah pandemi covid 19 berakhir. Warga pun menyerbu tempat- tempat wisata untuk melewatkan kebersamaan bersama keluarga.

Dua tahun pandemi, warga hanya bisa menikmati hari libur di rumah masing- masing karena pembatasan sosial untuk menghindari penularan virus corona.

Bacaan Lainnya

Seperti pagi ini terlihat warga menyemut di kawasan wisata Pantai Bira, Bulukumba. Pemandangan seperti ini baru terlihat kembali di Bira dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

“Kita kita ke Bira untuk menikmati libur lebaran setelah pandemi berakhir,” ujar Rini, salah satu pengunjung, Rabu 4 Mei 2022.

Pengunjung Pantai Bira, Rabu 4 Mei 2022. (Manifesto)
Pengunjung Pantai Bira, Rabu 4 Mei 2022. (Manifesto)

Rini mengaku, harus antri selama kurang dari tiga jam untuk masuk di kawasan wisata Bira sehari sebelumnya. Kemacetan sampai 3 kilometer di pos pintu masuk berlangsung siang hingga larut malam.

“Penuh perjuangan karena harus antri sampai 3 jam,” kata pengunjung asal Takalar itu.

Dinas Pariwisata Bulukumba melaporkan pengunjung Kawasan Wisata Tanjung Bira membludak pada hari kedua libur Lebaran. Total pengunjung yang masuk di kawasan tersebut mencapai 6.210 orang.

“Posisi (data pengunjung) sampai jam 17.00 Wita (Selasa 3 Mei),” kata Kadis Pariwisata Bulukumba Daud Kahal, Rabu 4 Mei 2022.

Berdasarkan data, 6.210 pengunjung tersebut terdiri dari 5.141 orang dewasa dan 1.069 anak-anak. Kemudian ada 1.429 kendaraan yang terdiri dari 809 mobil, 597 sepeda motor, dan 23 bus.

“Kita buka 2 loket pembayaran. Memisahkan pelayanan mobil dan motor,” kata dia.

Pada momen libur Lebaran tahun ini pihaknya juga menambah petugas untuk menjaga di pintu gerbang Kawasan Wisata Tanjung Bira. Selain itu, polisi dan TNI juga ikut membantu pengamanan.

Pengunjung Pantai Bira, Rabu 4 Mei 2022. (Manifesto)
Pengunjung Pantai Bira, Rabu 4 Mei 2022. (Manifesto)

“Tambah petugas. Dibackup polisi dan TNI (lakukan pengamanan). Ada 12 petugas gabungan,” ungkapnya.

Sementara itu, pengunjung yang membludak mencapai 6.210 orang ini disebut sudah melebihi kapasitas penginapan yang hanya 1.400 kamar. Para pengunjung pun diprediksi tidak kebagian tempat penginapan di dalam Kawasan Wisata Tanjung Bira.

“Kapasitas kamar 1.400 lebih (di dalam kawasan wisata). Bisa jadi mereka nginap di rumah penduduk sekitar kawasan kalau kapasitas melebihi,” ujar Daud Kahal.

Dia menjelaskan, tidak semua pengunjung akan menginap di Kawasan Wisata Tanjung Bira. Akan tetapi, dengan melihat jumlah pengunjung yang ada, penginapan tetap berpotensi penuh.

“Tidak semua juga pengunjung nginap. Ada yang langsung balik hari itu juga,” imbuhnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait