Anak Buahnya Miliki Kekayaan Rp56 Miliar, Walikota Makassar “Geleng-geleng”

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di sebuah acara beberapa waktu lalu. (Int)
Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di sebuah acara beberapa waktu lalu. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramadhan Pomanto mengaku heran dengan pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkot Makassar yang memiliki harta kekayaan yang sangat fantastis. Memiliki tunggangan mewah dengan harga selangit (baca; harley davidson), puluhan bidang tanah, dan beragam aset dengan nilai menggiyurkan.

PNS yang dimaksud Danny itu tak lain, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, Irwan Rusfiady Adnan. Irwan adalah putra dari mantan Ketua DPRD Kota Makassar, Ince Adnan Mahmud yang meninggal pada 24 Agustus 2011 lalu.

Bacaan Lainnya

“Kalau ada pegawai biasa (kaya) saya kira perlu diselidiki apakah dia ahli warisnya atau seperti apa. Kalau tidak ada, saya kira masyarakat yang menilailah, tapi indikasi-indikasi itu memberikan kita warning tentang perilaku-perilaku yang perlu diberantas di Pemerintah Kota Makassar,” kata Danny, sapaan Moh Ramdhan Pomanto di sebuah acara di SMP 5 Makassar, Sabtu 24 April 2021.

Kekayaan Irwan itu disorot Danny Pomanto. Politisi berlatar belakang arsitek itu mengaku kaget seorang PNS memiliki tunggangan mewah seperti itu.

“Saya sebagai Wali Kota (Makassar) lima tahun rasakan bagaimana fasilitas Wali Kota yang begitu paling tinggi tidak akan mampu membuat orang kaya, apalagi mampu membeli seperti Harley-Davidson,” ujar Danny sembari geleng- geleng kepala.

Danny mengaku, sebelum menjadi walikota Makassar juga telah memiliki kekayaan yang cukup untuk membiayai keluarganya. Namun, kekayaan yang bersumber dari profesinya sebagai arsitek itu tak mampu untuk membeli tunggangan mewah itu.

“Teman-teman bisa lihatlah walaupun saya sendiri sebelumnya punya cukup biaya untuk menghidupi diri sendiri, tapi saya sendiri tak cukup membeli Harley,” tambahnya.

Lantas apa saja harta kekayaan milik Irwan itu?

Dicek dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari situs KPK, Irwan melaporkannya pada 26 Maret 2020 sebagai LHKPN periodik 2019. Dia memiliki belasan tanah dan bangunan serta sederet bidang tanah di Makassar dan Jakarta yang nilainya lebih dari Rp 39 miliar.

Selain itu, Irwan melaporkan koleksi mobil dan motornya. Ada 3 motor dan 5 mobil yang nilainya lebih dari Rp 3,8 miliar.

Apa saja koleksi tunggangannya?

Motor

  • Harley-Davidson XR 1200 tahun 2012 senilai Rp 150 juta
  • Harley-Davidson tahun 2013 senilai Rp 350 juta
  • Royal Enfield tahun 2016 senilai Rp 70 juta

Mobil

  • Ford Mustang tahun 2013 senilai Rp 1 miliar
  • Toyota FJ Cruiser tahun 2014 senilai Rp 1 miliar
  • Toyota Vellfire tahun 2015 senilai Rp 700 juta
  • Jeep tahun 2010 senilai Rp 200 juta
  • Toyota Innova tahun 2017 senilai Rp 350 juta

Selain itu dia melaporkan kepemilikan kas dan setara kas senilai lebih dari 10 miliar dan harta bergerak lain senilai Rp 2,6 miliar lebih. Total LHKPN milik Irwan adalah Rp 56.449.323.791.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait