Begini Arahan Bupati Takalar untuk Pengembangan Bumdes

  • Whatsapp
Bupati Takalar Syamsari Kitta di acara lokakarya pengembangan Bumdes di Hotel Almadera Makassar, Senin 21 Juni 2021. (Ist)
Bupati Takalar Syamsari Kitta di acara lokakarya pengembangan Bumdes di Hotel Almadera Makassar, Senin 21 Juni 2021. (Ist)

MANIFESTO, TAKALAR– Bupati Takalar H. Syamsari memberi materi lokakarya pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Kabupaten Takalar, yang di gelar di Almadera Hotel, Makassar, Senin (21/6/2021) siang.

Di hadapan kepala desa dan perangkat desa pengelola Bumdes, Bupati H. Syamsari menyampaikan bahwa pengembangan Bumdes di Takalar dapat dimulai dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang ada.

Bacaan Lainnya

Sumberdaya yang berbeda pada setiap kecamatan di Takalar akan menjadikan produk yang dihasilkan Bumdes semakin bervariasi dan menarik minat konsumen lokal maupun dari luar.

Misalnya, kata Syamsari pada proses pembuatan garam yang hanya membutuhkan bahan baku air laut, ini bisa menjadi modal awal untuk berinovasi menciptakan garam bukan hanya garam dapur tetapi juga garam untuk digunakan pada produk kecantikan, ataupun produk kesehatan.

“Jadi, dalam mengelola bumdes itu kita utamakan mengambil sumberdaya yang murah, dan mudah didapat, sehingga biaya produksi rendah dan bisa continiu,” tandas Syamsari.

Hal serupa juga dapat dilakukan pengelolaan sampah dan pemanfaatan tanaman dipekarangan untuk pembuatan pakan.

Editor: Azhar

Pos terkait