Bukannya Terpenjara, HRS Malah Sibuk Menulis Disertasi di Balik Jeruji Besi

Habib Rizieq Shihab. (Int)
Habib Rizieq Shihab. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, JAKARTA – Seperti kebiasaan ulama terdahulu yang menulis buku saat di penjara oleh penguasa, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) juga memanfaatkan waktunya di penjara untuk menyelesaikan disertasi untuk Strata 3 (S3).  

HRS ditahan di Tahanan Narkoba Polda Metro Jaya sejak 13 Desember 2020 dini hari. Aktivitas ulama yang memiliki jutaan pengikut itu disampaikan Sekretaris Bantuan Hukum DPP Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar.

Bacaan Lainnya

Hanya saja, Aziz belum mengetahui judul disertasi yang tengah dikerjakan olehHRSdibalik jeruji itu. “Membaca dan menulis disertasi S3 di Universitas Sains Islam Malaysia. Judulnya saya belum tahu,” ungkap Aziz dikutip dari Republika, Selasa 22 Desember 2020.

Selain itu, Aziz juga menyampaikan, kondisi HRS saat dalam keadaan sehat. Meski seluruh kasus kerumunan massa yang melibatkan dan membuat HRS mendekam di penjara telah diambil alih oleh Bareskrim Polri tapi hingga saat ini yang bersangkutan masih berada di tahanan milik Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, HRS ditahan usai menjalani pemeriksaan hampir 13 jam pada Sabtu (12/12). Pimpinan FPI ditahan selama 20 hari hingga 31 Desember 2020 mendatang. Alasan polisi, melakukan penahanan terhadap Habib Rizieq berdasarkan dua hal yakni secara objektif dan subjektif.

Kemudian secara objektif, Habib Rizieq ditahan karena ancaman pidana dalam pasal yang disangkakan lebih dari lima tahun penjara. Sementara secara subjektif mencegah HRS kabur ke luar negeri meskipun sudah dilakukan pencekalan.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait