Bupati Takalar Mulai Gencarkan Pelayanan Perizinan Berbasis Desa

judul gambar

MANIFESTO, TAKALAR- Untuk mendekatkan pelayanan perizinan bagi masyarakat, Bupati Takalar H. Syamsari melaunching program Pelayanan Perizinan Desa (PAPI DESA) sekaligus meresmikan gedung olahraga futsal Bumdes Cipta Usaha di Desa Panyangkalang, Kecamatan Mangarabombang, Senin (15/11/2021).

Program PAPI DESA yang diprakarsai oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Takalar ini merupakan program kerjasama dengan desa dalam menerbitkan perijinan usaha hanya dari desa.

Bacaan Lainnya

Desa Panyangkalang menjadi desa pertama penerapan program PAPI DESA ini. Sekaligus menjadi desa yang mengaktifkan Bumdes melalui pembangunan gedung olahraga futsal.

“Pembangunan seperti ini sangat istime,a buat kita semua, kita berharap agar kehadiran Bumdes ini turut membangkitkan UMKM di sekitar, apalagi didukung fasilitas internet yang harganya bersaing akan menjadi daya tarik tersendiri,” kata Syamsari.

Program PAPI DESA yang dilaunching hari ini, lanjut Syamsari, juga akan diterapkan ke seluruh desa di Kabupaten Takalar karena mampu mengurangi beban finansial baik bagi masyarakat maupun bagi desa karena pelayanannya berbasis online.

“Kita bersyukur dan mendukung ini, dan kita berharap Desa Panyangkalan ini bisa menjadi percontohan baik dalam pelayanan perijinan maupun sebagai pelayanan administrasi kependudukan berbasis online,” tambah mantan legislator Sulsel itu.

Untuk meningkatkan daya saing masyarakat, Bupati Takalar kembali menekankan agar PKBM kembali diaktifkan yang dibarengi dengan kegiatan untuk menumbuhkan UMKM di tengah masyarakat.

“Karena ini PAPI DESA dan Desa Panyangkalang menjadi pelopor, saya harap UMKM bisa didaftarkan perizinannya secara online sehingga memudahkan perbankan untuk membantu modal usaha UMKM kita dan data UMKM kita bisa lebih akurat lagi,” harap Syamsari.

Launching PAPI DESA dan peresmian gedung Olahraga Futsal Bumdes Cipta Usaha ini ditandai dengan perjanjian kerjasama terkait perizinan dan non perizinan antara Dinas PMPTSP dengan Pemerintah Desa Panyangkalan serta penandatanganan prasasti pengguanaan gedung olahraga.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait