Dewan Minta Pemkot Makassar Benahi Rusunawa

  • Whatsapp

MANIFESTO, MAKASSAR – Dewan Perwakilan Rayat Daerah (DPRD) Makassar merekomendasikan untuk perbaikan penataan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kelurahan Lette dan Kelurahan Pannambungang.

Ketua komisi C DPRD Makassar, Abdi Asamara ini merupakan tindak lanjut dari aksi protes warga Rusunawa di depan kantor Balaikota Makassar beberapa waktu yang lalu. Hal ini atas dugaan adanya pungli pembayaran listik dan air yang dilakukan oleh pihak pengelola dalam hal ini UPTD Rusunawa bersama bawahannya.

Bacaan Lainnya

“Kami minta ada pembenahan di sana. Terkait itu masalah listrik dan pengelolaan, kami minta ada penataan kembali,” kata Abdi, Kamis 6 Agustus 2020.

Selain itu, Legislator Partai Demokrat itu juga meminta agar ada pendataan ulang terhadap warga Rusunawa. Ini perlu untuk memastikan apakah yang tinggal disana betul-betul tepat sasaran atau sebaliknya.

“Kami juga meminta Dinas Perumahan untuk melakukn pendataan ulang terhadap penghuni Rusunawa. Jadi penghini yang ada di sana itu harus sesaui dengan aturan, apakah layak atau tidak. Dan kalau tidak berhak tinggal disana, UPTD harus tegas merekomendasikan untuk keluar,” pinta Abdi.

Dua hal ini disebut Abdi harus menjadi prioritas kepala UPTD dan Dinas Perumahan. Dan jika masalah-masalah itu tidak bisa terselesiakan maka kepala UPTD disebut harus mundur.

“Kalau UPTD Rusunawa tidak mampu mengurus sesuai dengan apa yang disampaikan jadi mundur saja, kasi orang lain untuk menuntaskan karena banyak hal yang harus dibenahi disitu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Makassar, Fathur Rahim enggan berkomentar banyak. Ia hanya berharap DPRD ikut terlibat dalam menyelesaikan masalah di Rusunawa.

“Muda-mudahan DPRD membantu secara umum untuk kita sama-sama membenahi,” kata Fathur.

Diketahui, kepala UPTD Rusunawa, Thelma Aradea langsung dicopot beserta pengelola rusunawa langsung dinonaktifkan pasca adanya aksi warga rusunawa didepan kantor DPRD, Senin 4 Agustus 2020 lalu.

Penulis: Fadli

Pos terkait