Dinkes Sarankan Balita Penderita Hidrosefalus di Takalar Lama Dirawat di RS

  • Whatsapp
Petugas Dinas Kesehatan dan PKM Mappakasunggu membesuk balita penderita hidrosefalus di desa Takalar Lama, Senin 7 September 2020. (Ist)
Petugas Dinas Kesehatan dan PKM Mappakasunggu membesuk balita penderita hidrosefalus di desa Takalar Lama, Senin 7 September 2020. (Ist)

MANIFESTO, TAKALAR– Dinas Kesehatan Takalar meminta agar balita penderita hidrosefalus dirawat ke rumah sakit untuk ditangani secepatnya. Saat ini, Dinkes pun menunggu persetujuan dari keluarga balita yang berusia 7 bulan itu.

“Sudah disarankan dan diarahkan untuk dirujuk ke rumah sakit,  tapi orangtua dan keluarganya masih sementara berpikir,” kata Kepala Dinas Kesehatan Takalar dr Rahmawati, Selasa 8 September 2020.

Bacaan Lainnya

Sejak kemarin, Dinkes bersama Dinas Sosial dan Camat Mappakasunggu mengunjungi kediaman balita di desa Takalar Lama itu. Dari hasil kunjungan itu, Dinkes meminta keluarganya agar kembali membawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan lanjutan.

“Sudah disiapkan ambulance untuk dibawa ke RSUD Padjonga Daeng Ngalle atau RS Wahidin di Makassar, tapi sampai saat ini belum ada info keluarganya untuk kita rujuk, saya kira akan jauh lebih baik jika dirawat di RS untuk penanganan lanjutan,” kata Rahmawati.

Petugas Dinas Sosial membesuk balita penderita hidrosefalus di Takalar Lama, Selasa 8 September 2020. (Ist)

Rahmawati mengatakan, saat ini petugas PKM Mappakasunggu terus melakukan pengawasan atas perkembangan kesehatan balita tersebut. “Sambil menunggu persetujuan, petugas kami di PKM Mappakasunggu terus melakukan pemantauan,” terang mantan Direktur RSUD Haji Padjonga Daeng Ngalle Takalar itu.

Dari informasi yang diperoleh, balita itu sudah mengalami kelainan di kepala sejak lahir. Bahkan, balita itu sudah menjalani dua kali operasi, tetapi belum juga sembuh. 

Untuk penanganan sementara, Dinkes memberikan kepada balita obat- obatan dan sejumlah vitamin sembari menunggu persetujuan keluarga balita. Sementara Dinsos juga telah menyerahkan sejumlah bantuan makanan berupa biskuit dan susu kepada keluarga balita.

Editor: Azhar

Pos terkait