DPRD Makassar Ingatkan Penambahan Direksi-Dewas BUMD Sesuai Aturan

Banyak “Nakal”, Ketua DPRD Kota Makassar Ingatkan Netralitas ASN
Banyak “Nakal”, Ketua DPRD Kota Makassar Ingatkan Netralitas ASN
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Ketua DPRD Sulsel Rudianto Lallo mendukung rencana Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto untuk menambah jumlah posisi direksi dan dewan pengawas (dewas) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Namun dia menegaskan rencana ini harus sesuai aturan dan dasar hukum yang berlaku.

“Cuma memang harus disesuaikan dengan kedudukan atau dasar hukum penambahan (posisi direksi-dewas BUMD) itu,” tegas Rudianto, Senin (6/6/2022).

Bacaan Lainnya

Dia menilai rencana ini bisa mempermudah kinerja perusahaan daerah (perusda). Apalagi beban kerja BUMD yang besar bisa terbagi untuk diselesaikan.

“Prinsipnya itu bagus dalam rangka pembagian kerja antar direksi dan memang mengurus perusda ini tidak harus ramping,” tutur dia.

Menurutnya kehadiran BUMD untuk berkontribusi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Untuk mempercepat tujuan itu, butuh dukungan personel yang kuat.

“Jadi tidak masalah, dan saya setuju jika kemudian pak wali punya ide menambah pos-pos direksi dan dewan pengawas selama itu demi perbaikan kinerja perusda,” ucap dia.

Diketahui rencana penambahan posisi direksi dan dewas perusda mencuat di tengah tertundanya pengumuman hasil seleksi lelang pimpinan BUMD. Rudi beranggapan penundaan ini menjadi momen bagi Wali Kota Makassar Danny Pomanto untuk memikirkan dan menentukan figur terbaik yang akan dipilih.

“Ketika beliau (wali kota) menunda mengumumkan saya kira sah-sah saja karena mungkin ingin agar tidak salah menentukan pilihan. Jadi perlu ada pertimbangan komprehensif sehingga itu alasan menunda,” ungkap Rudianto.

Apalagi saat ini enam BUMD Makassar sudah diisi penjabat (pj) sementara mengawal kerja organisasi sampai direksi dan dewas definitif terpilih lewat lelang jabatan.

“Inikan perusda sudah ada Pj-nya, sehingga ditunda sebulan pun tidak ada masalah. Saya kira kita harus berikan kesempatan kepada wali kota memilih figur terbaik mengisi pos-pos perusda,” tandasnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait