Gantikan Rapsel Ali, Thita Syahrul YL Resmi Jadi Anggota DPR RI

Indira Chunda Thita Syahrul YL kembali menjadi anggita DPR RI usai dilantik, Selasa 12 September 2023. (Ist)
Indira Chunda Thita Syahrul YL kembali menjadi anggita DPR RI usai dilantik, Selasa 12 September 2023. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, JAKARTA- Politisi Nasdem asal Sulsel Indira Chunda Thita Syahrul YL resmi kembali menjadi anggota DPR RI usai dilantik hari ini, Selasa 12 September 2023.

Thita yang merupakan putri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menggantikan Muhammad Rapsel Ali daerah pemilihan Sulsel 1 yang meninggal dunia pada 9 April 2023.

Bacaan Lainnya

Thita bukan orang baru di DPR RI. Ia tercatat sebagai legislator senayan periode 2009- 2014 dan 2014- 2018. Saat itu, putri sulung mantan Gubernur Sulsel itu masih berseragam PAN.

Selain Thita, DPR RI juga melantik dua orang anggota pengganti antarwaktu (PAW) untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Pelantikan itu dipandu langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus.

Rapat paripurna DPR RI ke-5 masa persidangan I tahun sidang 2023-2024 digelar di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Adapun Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel mengatakan anggota PAW yang dilantik adalah Indira Chunda Thita Syahrul YL beserta Ujang Iskandar dari Fraksi NasDem, dan Wisnu Wijaya Adi Putra dari Fraksi PKS.

“Pimpinan Dewan telah menerima petikan Keputusan Presiden RI Nomor 75/P/2023 tanggal 4 September 2023 tentang peresmian Pergantian Antar Waktu anggota DPR dan anggota MPR sisa masa jabatan 2019-2024,” kata Gobel dalam rapat paripurna.

Ujang Iskandar dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah Fraksi NasDem juga dilantik menggantikan Ary Egahni. Ary sendiri merupakan tersangka KPK yang melakukan pungutan liar dan menerima suap bersama sang suami, Ben Brahim.

“Saudara Wisnu Wijaya Adi Putra Fraksi PKS Dapil Jateng I menggantikan KH Bukhori,” kata Gobel.

Pimpinan DPR kemudian berjalan ke depan mimbar paripurna. Pelantikan di hadapan ratusan anggota DPR RI kemudian dimulai dengan mengucapkan sumpah jabatan.

“Sesuai ketentuan Pasal 9 ayat 4 Peraturan DPR RI Nomor 1/2020 tentang Tata Tertib yang berbunyi, anggota PAW sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah atau janji secara bersama yang dipandu oleh pimpinan DPR dalam rapat paripurna DPR RI,” imbuh Gobel.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait