Ini Pentingnya Ritual Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR — Ritual memanaskan mesin mobil sebelum digunakan sudah menjadi kebiasaan. Aktivitas memanaskan mobil sebenarnya tidak salah, namun ada caranya.
Bagi Anda pemilik kendaraan perlu mengetahui durasi memanaskan mesin mobil, ini bertujuan agar mobil benar-benar siap digunakan.

Alasan utama memanaskan mobil akan membantu oli melumasi komponen-komponen dalam ruang bakar. Pelumasan ini juga akan memperkecil gesekan antar logam yang menyebabkan keausan pada komponen mesin.

Bacaan Lainnya

Sebab ketika mesin didiamkan lama, oli akan turun sehingga bagian atas mesin mengering.Agar oli naik kembali, mesin harus digerakkan dengan ringan, salah satunya dengan cara dipanaskan.

Waktu atau durasi memanaskan mesin mobil berbeda-beda tergantung teknologi yang diusung. Jangan terlalu lama sebab membuat bensin terbuang sia-sia. Selain itu emisi gas buang dari mobil juga terlalu banyak dan berbahaya bagi kesehatan.

Waktu tepat untuk memanaskan mobil sekitar 10 hingga 15 menit saja. Durasi waktu tersebut berlaku untuk jenis mobil tanpa teknologi injeksi. Sedangkan mobil dengan teknologi injeksi hanya membutuhkan waktu 30 detik hingga 1 menit untuk memanaskan mesinnya.

Untuk memanaskan mobil juga hanya sampai kondisi mesin idle, di mana putaran mesin stabil dari pada saat mobil pertama kali dinyalakan.

Selain memberikan pelumasan merata ke komponen mesin, memanaskan mesin juga cukup untuk memberikan tenaga listrik ke alternator. Bahkan ini dapat mencegah aki cepat soak.

Selain dari patokan durasi, Anda juga dapat mengetahui kondisi mobil siapa digunakan atau belum melalui indikator temperatur mesin.Perhatikan jarumnya. Bila jarum sudah bergerak naik itu pertanda mobil siap untuk digunakan menurut Daihatsu.

Editor: Faiz

judul gambarjudul gambar

Pos terkait