Jabal Rahmah, Bukit Bersejarah yang Tak Pernah Sepi dari Pengunjung

judul gambar

MANIFESTO, JAKARTA — Salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi jamaah haji dan umrah adalah Jabal Rahmah, yang juga dikenal sebagai tempat pertemuan pertama Nabi Adam A.S. dan Hawa usai dikeluarkan dari Surga.

Jabal Rahmah adalah bukit bebatuan setinggi 70 meter yang berada di sebelah selatan Padang Arafah, sekitar 25 km di bagian tenggara Kota Mekkah, Arab Saudi.

Bacaan Lainnya

Di Jabal Rahmah dibangun tugu putih untuk mengenang peristiwa pertemuan kembali Nabi Adam A.S. dengan Siti Hawa setelah dikeluarkan dari surga dan dipsahkan oleh Allah SWT di bumi selama 200 tahun.

Rasa haru memenuhi pertemuan Nabi Adam dan Hawa kala itu. Arti dari Jabal Rahmah sendiri adalah Bukit Kasih Sayang. Tugu putih itu terbuat dari beton persegi, yang lebarnya 1,8 meter dan tingginya 8 meter, serta terdapat banyak coretan.

Untuk bisa mencapai Jabal Rahmah dari Kota Mekkah, pengunjung dapat melintasi jalur darat dengan menggunakan mobil yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Selain tempat pertemuan pertama kali Nabi Adam dan Siti Hawa di bumi, Jabal Rahmah juga lokasi Nabi Muhammad SAW saat menerima wahyu terakhir yakni QS. Almaidah, di mana ketika itu Rasulullah SAW tengah melakukan wukuf.

Peristiwa penting lainnya yang terjadi di Jabal Rahmah adalah saat Nabi Ibrahim A.S. menyadari mimpi yang datang tiga kali dari Allah SWT, yang memerintahkan melakukan sebuah pengorbanan dengan menyembelih anaknya, Ibrahim.

Sebagai tempat penuh historis, tidak heran Jabal Rahmah tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, terutama mereka yang merupakan jamaah haji dan umrah yang datang ke Arab Saudi.

Apabila kamu akhirnya bisa menginjakkan kaki di Jabal Rahmah, jangan terkejut saat melihat banyak pedagang cenderamata di puncaknya. Saat baru tiba di area Jabal Rahmah, biasa juga beberapa juru foto dan pemilik unta sudah menawarkan jasanya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait