Kadir Halid Marah-Marah Tak Kebagian Ruang Rapat, Akhirnya Dobrak Ruang Sendiri

Ketua Harian Golkar Sulsel Kadir Halid berbincang dengan Wakil Sekretaris Golkar Sulsel Nasran Mone dan Ketua AMPG Sulsel Rahman Pina yang mencoba memaksakan pelaksanaan rapat pleno digelar, Kamis 21 Juli 2022. (Dok).jpg
Ketua Harian Golkar Sulsel Kadir Halid berbincang dengan Wakil Sekretaris Golkar Sulsel Nasran Mone dan Ketua AMPG Sulsel Rahman Pina yang mencoba memaksakan pelaksanaan rapat pleno digelar, Kamis 21 Juli 2022. (Dok).jpg
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Ketua Harian DPD I Partai Golkar Sulsel Kadir Halid marah- marah di kantor Golkar Sulsel Kamis 21 Juli 2022 siang. Penyebabnya, Kadir datang ingin memaksakan digelarnya rapat pleno dengan agenda tertentu.

Sebelumnya, Kadir Halid telah mengundang pengurus untuk rapat pleno yang ditandatangani sendiri bersama wakil sekretaris Irwan Muin. Undangan rapat yang dilayangkan Kadir Halid tanpa sepengetahuan Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe dan Sekretaris Andi Marzuki Wadeng.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, hanya segelintir pengurus DPD I yang hadir di antaranya Andi Iskandar Zulkarnain Latief, Farouk M Betta, Abdillah Natsir, dan Hoist Bahtiar. Mayoritas pengurus tidak hadir karena Ketua DPD I Golkar Sulsel yang seharusnya mengundang untuk pelaksanaan rapat pleno.

Meski demikian, Kadir ingin memaksakan rapat yang tidak teragendakan dan menggunakan ruangan rapat lantai II. Sayangnya, saat bersamaan sedang berlangsung rapat pelaksanaan liga beringin yang dipimpin Rahman Pina yang sudah teragendakan di DPD I Partai Golkar Sulsel.

Meski ngotot menggunakan ruang rapat itu, Rahman Pina tak bergeming. Ia menilai tak ada jadwal rapat DPD 1 Golkar selain panitia liga beringin. “Rapat resmi di DPD 1 hari ini, cuma rapat panitia liga beringin,” kata Rahman Pina menegaskan.

Karena sudah berjam jam menunggu, Kadir Halid pun memilih turun ke ruangan sendiri. Karena ruangannya tertutup, ia mendobrak paksa ruangan sendiri untuk digunakan rapat. Sekitar 10-an pengurus pun masuk ke ruang Kadir dan menggelar rapat selama kurang lebih satu jam.

Massa yang diduga orang- orang Ketua Harian Golkar Sulsel Kadir Halid mencoba memaksa masuk ke kantor DPD I Partai Golkar Sulsel, Kamis 21 Juli 2022. (Ist)

Menyikapi aksi Kadir Cs itu, Wakil Sekretaris DPD I Partai Golkar Sulsel Nasran Mone menegaskan, tidak ada rapat pleno yang digelar Kamis 21 Juli 2022. Tak ada dalam aturan main, yang mengundang rapat pleno adalah ketua harian.

“Tak ada agenda rapat pleno, ada undangan tersebar, tapi yang tanda tangan ketua harian dan wakil sekretaris, masa bisa begitu?” kata Nasran heran.

Ia pun menegaskan, jika rapat pleno belum digelar karena SK DPD I Partai Golkar Sulsel digugat oleh kubu Kadir Cs. “SK kepengurusan digugat, di sisi lain mereka minta pleno, kalau menggugat kan artinya tidak menerima SK itu, maksudnya apa? Makanya tunggu saja dulu hasil keputusan Mahkamah Partai Golkar,” ujar Nasran yang juga mantan anggota DPRD Makassar tiga periode.

Nasran pun menambahkan, walaupun ada rapat pleno nantinya, Kadir Cs tidak mungkin diundang karena tidak mau menandatangani fakta integritas sebagai pengurus. “Terus pak Kadir kan pengurus harian, mestinya tiap hari di Golkar,” sambung Nasran.

Sebelum kedatangan Kadir, puluhan orang yang diduga orang- orang Kadir Halid menggereduk kantor DPD I Partai Golkar Sulsel. Mereka pun merusak pagar kantor Golkar Sulsel dan merangsek masuk ke halaman kantor. Sayangnya, massa yang datang tertahan di halaman kantor Golkar karena kesigapan pengurus AMPG Sulsel yang juga telah bersiaga di lokasi.

Kedatangan massa yang diduga orang- orang Kadir Halid itu sebagai bagian dari upaya Kadir Halid cs memaksakan untuk menggelar rapat pleno.

“Tadi pak Kadir Halid datang ingin memaksakan rapat pleno, ada juga massa yang datang, kita duga ada upaya pemaksaaan yang sangat tidak etis untuk menggelar pleno,” kata Wakil Ketua Bidang Siaga Karya AMPG Sulsel Muhammad Saleh yang bersiaga di kantor Golkar Sulsel.

Selama Taufan Pawe memimpin Golkar Sulsel, kubu Kadir Halid cs terus berusaha dengan bermacam cara menggoyang kursi Walikota Parepare itu. Aksi kubu Kadir Halid cs itu berlangsung di tengah persiapan pelaksanaan Liga Beringin yang digagas Taufan Pawe.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait