Kampanye Virtual Belum Diminati di Pilkada Bulukumba

Kampanye virtual kurang diminati di Pilkada Bulukumba. (Int)
Kampanye virtual kurang diminati di Pilkada Bulukumba. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, BULUKUMBA– Sejak memasuki masa kampanye pada 26 September 2020 lalu, pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Bulukumba masih memilih pola kampanye secara tatap muka dan dialogis sebagai pilihan utama. Mereka tidak tertarik dengan kampanye virtual.

Pimpinan Bawaslu Bulukumba Abdul Rahman mengaku hingga saat ini belum ada paslon yang melakukan kampanye secara virtual. Ia menerangkan teknis penyelenggaraan kampanye virtual merupakan domain KPU.

Bacaan Lainnya

“Secara detail teknisnya di KPU dinda, yang jelas bisa lewat aplikasi zoom,” katanya kepada Wartawan, Jum’at (23/10/2020).

Menurut dia, kampanye dengan pertemuan terbatas tatap muka dan dialogis sah sah saja. Hanya saja, paslon harus taat menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Khusus pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, dapat dilakukan secara virtual dan atau tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, menjaga jarak, menggunakan masker, sering mencuci tangan dan jumlah tim bersama peserta kampanye secara keseluruhan tidak melebihi 50 orang,” terangnya.

Ia mengungkapkan, metode kampanye yang dibolehkan di tengah pandemi adalah penyebaran alat peraga kampanye dan bahan kampanye, debat publik atau debat antar pasangan calon dilaksanakan sebanyak tiga kali, panayangan iklan kampanye di media massa cetak, media massa elektronik, media sosial dan atau media daring yang dilaksanakan 14 hari sebelum dimulainya hari tenang.

Rahman juga menyebut ada beberapa peserta kampanye Paslon tidak mengikuti protokol kesehatan terutama menjaga jarak.

“Tetapi jajaran kami yaitu panwas kecamatan dan PKD massif melakukan pencegahan dengan mengingatkan kepada tim kampanye agar menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebelum dan sedang kampanye dilaksanakan,” jelasnya.

“Sehingga di dalam proses pelaksanaan kampanye, kami menganggap tim dan peserta kampanye sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tambahnya.

Lebih jauh dia berharap semua pihak dapat selalu menjaga kesehatan dan keselamatan di tengah pelaksanaan kampanye dengan kondisi bencana non alam Covid-19.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait