Ketua Komisi A DPRD Makassar Sebut PPKM Level 2 Momentum Stabilkan UMKM

Ketua Komisi A DPRD Makassar Supratman. (Int)
Ketua Komisi A DPRD Makassar Supratman. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Ketua Komisi A DPRD Makassar Supratman menyebut PPKM Level 2 adalah adalah momentum yang pas untuk memberi kelonggaran bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pasalnya, selama Makassar menyandang status zona merah Covid-19 beberapa pekan sebelumnya, UMKM menjadi salah satu sektor paling terdampak. “Dengan melemahnya PPKM ini, peningkatan UMKM itu bisa sudah mulai berjalan dengan baik, bahkan perlu disempurnakan menuju stabil kembali,” kata Supratman, Kamis, 23 September 2021.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pelaku usaha sudah cukup lama mengeluh dan terpuruk. Teruma bagi pelaku usaha yang memiliki karyawan. Selama PPKM Level 4, sejumlah pelaku UMKM harus gulung tikar karena terdampak pandemi Covid-19. Kebanyakan UMKM mengalami masalah kesehatan arus kas, sehingga harus merumahkan tenaga kerjanya.

Selain itu, pelaku UMKM terkendala dari sisi suplai karena terganggunya distribusi selama masa pandemi Covid-19. Juga terjadi pelemahan dari sisi permintaan lantaran jam operasional terbatas. Sebelumnya, Owner Gula-gula Milo, Nugroho meminta pemerintah kota memberikan bantuan bagi pelaku UMKM selama PPKM diterapkan. Salah satunya, memberikan pelatihan yang berbasis pada strategi penjualan digital.

“Bukan hanya bantuan uang, meski saya belum pernah terima. Kita minta diberi akses ketika mengubah strategi dari jualan offline ke online, apa yang dilakukan pemerintah agar UMKM mendukung PPKM mikro,” ujarnya.

Saat ini, ia mengaku kesulitan untuk beradaptasi ke penjualan daring secara cepat. Pasalnya, kata dia, pelaku UMKM diminta beradaptasi namun tanpa bimbingan. “Kita minta diberi pelatihan soal itu,” paparnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait