Ketua PKK Parepare Ingatkan Pentingnya Kolaborasi Cegah Stunting

Ketua PKK Parepare mengingatkan pentingnya kolaborasi untuk mencegah stunting. (Ist)
Ketua PKK Parepare mengingatkan pentingnya kolaborasi untuk mencegah stunting. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, PAREPARE— Tim Penggerak PKK Kecamatan Ujung bersama Pemerintah Kecamatan Ujung Kota Parepare, menggelar pelatihan bagi Kader PKK tingkat Kecamatan Ujung.

Kegiatan berlangsung di Balai Ainun Habibie Parepare, dibuka secara virtual oleh Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan.

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya, Camat Ujung Ardiansyah Arifuddin mengatakan, PKK merupakan mitra Pemerintah mulai Kecamatan hingga Kelurahan. Pemerintah juga sebagai perencana, pelaku, dan pembina serta pengendali program PKK khususnya di tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

“Melalui pelatihan Kader PKK tingkat Kecamatan dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada kader PKK. Pemberdayaan kader di masyarakat penting, sehingga visi dan misi ke depan dapat terwujud dengan baik, salah satunya upaya pencegahan dan penanganan stunting di Kota Parepare,” ungkap Ardiansyah.

Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan dalam sambutannya mengemukakan, salah satu program PKK adalah menjadikan keluarga yang berdaya dan sejahtera yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, PKK membutuhkan sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak. Dan jajaran PKK, saya harapkan agar tetap mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan permasalahan yang ada di tengah masyarakat,” pesan istri Wali Kota Parepare ini.

Erna Taufan juga berharap para kader PKK Kecamatan dan Kelurahan harus mengambil peran penting khususnya dalam mencegah stunting di Parepare.

Erna Taufan menekankan, agar Kader PKK Kecamatan maupun Kelurahan untuk masif dalam menggerakkan 10 program pokok PKK. Utamanya tiga indeks, pertama penekanan Covid-19, penurunan angka stunting, dan penguatan ekonomi.

“Ketiga ini saling berhubungan. Jadi saya berharap Kader PKK bisa melakukannya di semua jenjang, dan Kader PKK menjadi teladan yang baik,” ingat Erna Taufan.

Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Ujung, Astiani Ardiansyah mengatakan, kegiatan berlangsung dua hari, 17-18 Juni 2021.

Kegiatan hari pertama, yakni pelatihan Kader PKK se-Kecamatan Ujung, diikuti 70 peserta, dengan tema Cegah Stunting. Kegiatan mengundang pemateri dari Dinas Kesehatan Parepare.

Hari kedua pelatihan pengelolaan Bank Sampah, dengan mengundang Presiden Bank Sampah, Saharuddin Ridwan menjadi narasumber.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan Kader PKK dapat menerapkan materi yang disampaikan di wilayahnya masing-masing. Juga disampaikan oleh Ibu Wali tadi, agar membuat program di tingkat Kelurahan dan Kecamatan sesuai hasil Rakernas,” harap Astiani.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait