Khas Makassar! Dua Kapal Pinisi Siap Antar Danny-Fatma Deklarasi

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Pasangan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) menggelar gladi bersih untuk persipan deklarasi untuk maju di Pilwali 2020 mendatang.

Deklarasi akan digelar pada Kamis 3 September besok di perairan Pantai Losari dengan menggunakan dua buah kapal pinisi.

Bacaan Lainnya

Danny menjelaskan, deklarasi digelar di tempat terbuka guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Makna kenapa di laut karena hanya di laut orang bisa sosial distancing,” kata Danny dalam press conference yang digelar di Makassar Golden Hotel, Rabu 2 September 2020.

Dia pun memastikan bahwa deklarasi besok tidak akan menyebabkan kerumunan massa. Hal itu lantaran dirinya sudah mengimbau kepada semua tim untuk menyaksikan deklarasi secara virtual saja, atau lewat live di salah satu stasiun televesi nasional.

“Kita sudah imbau tim, jangan ada yang berkerumun besok. Tapi kalau tetap ada kita juga sudah siapkan plan B dengan memperketat protokol kesehatan,” jelasnya.

Danny menjelaskan, konsep deklarasi yang menggunakan kapal pinisi merupakan simbol kebudayaan masyarakat Kota Makassar.

“Kalau orang bicara phinisi, maka orang akan ingat Bugis-Makassar, kalau orang bicara Bugis-Makassar maka orang akan ingat Kota Makassar,” ungkapnya.

Selain dua kapal pinisi sambung Danny, deklarasi juga melibatkan 200 perahu nelayan, yang merupakan wujud komitmen duet yang dikenal dengan jargon “Adama” untuk melibatkan masyarakat dalam setiap keputusan pemerintahan.

Sementara, Fatmawaty Rusdi mengatakan konsep deklarasi yang berlangsung secara virtual semata-mata untuk menjaga protokol Covid-19.

“Sebuah konsep yang tadinya kami pikirkan, bagaimana menyentuh dan disaksikan seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, konsep ini tak banyak dipikirkan oleh orang lain. Pasalnya, konsep tersebut memadukan kebudayaan Kota Makassar.

Di Pilwali Makassar, Danny diusung Partai Gerindra dan Partai Nasdem serta didukung Partai Gelora dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Penulis: Fadli Ramadhan

judul gambarjudul gambar

Pos terkait