KPU Takalar Tetapkan Data Pemilih Berkelanjutan April Sebanyak 208.403

Ketua KPU Takalar Muh Darwis memimpin rapat pleno penetapan daftar pemilih berkelanjutan bulan April di Aula Kantor KPU, Senin 19 April 2021. (Ist)
Ketua KPU Takalar Muh Darwis memimpin rapat pleno penetapan daftar pemilih berkelanjutan bulan April di Aula Kantor KPU, Senin 19 April 2021. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, TAKALAR– KPU Takalar menggelar rapat pleno penetapan data pemilih berkelanjutan untuk bulan April di Aula Kantor KPU Takalar, Senin 19 April 2021.

Dalam pleno ini ditetapkan jumlah pemilih berkelanjutan untuk April sebanyak 208.403 yang terdiri dari pemilih laki- laki sebanyak 98.466 dan pemilih perempuan 109.937. Rapat koordinasi daftar pemilih berkelanjutan setiap bulannya dilaksanakan untuk terus melakukan update data pemilih.

Bacaan Lainnya

“Untuk April kita tetapkan jumlah pemilih sebanyak 208.403, saya kira tidak jauh berbeda dengan update pada bulan sebelumnya,” kata Ketua Divisi Data dan Program KPU Takalar Basrinuddin dalam rapat pleno yang dihadiri seluruh Komisioner KPU, Bawaslu Takalar, Dinas Catatan Sipil. dan pimpinan Parpol.

Update pemilih setiap bulannya menjadi momentum memasukkan warga yang telah berusia 17 tahun hingga rapat pleno digelar sebagai pemilih. Rapat ini juga sekaligus digunakan untuk mengeluarkan warga yang tak lagi bersyarat sebagai pemilih, misalnya telah meninggal dunia atau pindah domisili.

“Warga yang telah telah berusia 17 tahun pada saat dilaksanakannya rapat koordinasi kita masukkan sebagai pemilih dan ini menjadi faktor penambah jumlah pemilih setiap bulannya, serta mengurangi pemilih yang tidak lagi bersyarat, seperti telah meninggal dunia dan pindah domisili,” terang Basrinuddin.

Data ini didapatkan kata Basri, berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Catatan Sipil Takalar, pihak SMA/SMK sederajat, serta koordinasi dengan pemerintah desa dan kelurahan.

Selain itu, Basrinuddin juga menyampaikan bahwa KPU Takalar sudah membuat aplikasi pendaftaran pemilih. Aplikasi ini bisa diakses oleh semua warga jika ingin mendaftar sebagai pemilih untuk pemilihan selanjutnya tanpa harus ke kantor KPU lagi.

“Olehx itu kami berharap partisipasi aktif Parpol untuk memberikan masukan dan mensosialisasikan program ini ke konstituennya masing- masing sehingga yang belum terdaftar bisa kami daftar dan catatkan dalam dalam daftar pemilih berkelanjutan selanjutnya,” tambah mantan Ketua IMM Takalar itu.

Ia juga mengharapkan peran serta Bawaslu Takalar untuk bersama- sama mewujudkan data pemilih yang berkualitas demi terwujudnya Pemilu yang lebih berkualitas.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait