Kurangi Resiko Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Takalar Galakkan KIH

judul gambar

MANIFESTO, TAKALAR— Dinas Kesehatan Takalar melalui Puskesmas Galesong Utara kembali melakukan Kelas Ibu Hamil (KIH) di desa Sampulungan, Jumat 28 Februari 2020.

Belasan ibu- ibu hamil pun antusias mengikuti kegiatan yang bertujuan menurunkan resiko kematian ibu dan anak saat melahirkan. Kegiatan ini berupa penyuluhan dan Ante Natal Care (ANC) atau perawatan kehamilan.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah Kelas Ibu Hamil, salah satu program di PKM untuk memberikan penyuluhan dan ANC kepada Ibu hamil, ini terus kami galakkan untuk menurunkan resiko kematian ibu dan bayi di Takalar,” kata Plt Kadis Kesehatan dr Rahmawati, Jumat 28 Februari 2020.

Rahmawati mengatakan, ada banyak manfaat ibu hamil mengikuti KIH. Selain bisa berkonsultasi dengan bidan, ibu hamil juga bertemu dengan sesama ibu hamil untuk berbagi pengalaman. Mereka juga bisa bertukar bertukar cerita tentang kekhawatiran dan rasa nyeri dan berbagai informasi tentang produk bayi, perlengkapan bayi, perlengkapan untuk kamar bayi, dokter kandungan dan anak, dan perawatan anak.

 “Intinya bagaimana ibu hamil bisa lebih siap menghadapi persalinan, ibu hamil memiliki kemampuan mengendalikan diri yang baik, membuat lebih siap menghadapi skenario persalinan yang akan dihadapi, baik bersalin secara caesar maupun normal,” terang Rahmawati.

Dengan kegiatan ini, Rahmawati mengharapkan, angka kematian ibu dan bayi bisa ditekan. “Saya harap kegiatan ini bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Takalar, saya kira itu harapan kita bersama,” ujar Rahmawati.

Editor: Azhar 

judul gambarjudul gambar

Pos terkait