Pasar Sumpang Minangae Jadi Destinasi Wisata Baru di Parepare

judul gambar

MANIFESTO, PAREPARE – Selain pasar aman dari bahan berbahaya, pasar rakyat yang ikut berkompetisi di lomba Pasar Aman tingkat nasional, harus memiliki inovasi unggulan.

Kota Parepare yang mewakili Provinsi Sulsel pada lomba Pasar Aman nasional, dengan Pasar Rakyat Sumpang Minangae menjadi kontestannya memiliki keunggulan. Yakni pasar destinasi wisata.

Bacaan Lainnya

Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Makassar, Dra Hardaningsih Apt MHSM saat mengunjungi Parepare, pekan lalu, mengatakan selain pasar aman, harus ada inovasi unggulan dari pasar rakyat dalam penilaian.

“Ya, Pasar Sumpang Minangae Parepare ini menarik. Selain bersih dan rapi, juga ada potensi wisatanya. Bisa jadi tempat wisata belanja,” ungkap Hardaningsih. Ungkapan Hardaningsih itu saat dia melihat spot wisata Anjungan Salo Karajae dan pesona Kawasan Tonrangeng River Side (TRS) yang tampak dari Pasar Sumpang Minangae.

Kawasan TRS atau jembatan TRS ini tepat berada di sebelah Pasar Sumpang Minangae, dan di antaranya ada Sungai (Salo) Karajae. Tepat di sisi Sungai Karajae, tidak jauh dari Pasar Sumpang Minangae terdapat anjungan atau tribun pesisir yang cocok menjadi spot wisata dan swafoto. Anjungan itu berhadapan langsung dengan jembatan TRS dan juga terlihat RS Regional dr Hasri Ainun Habibie (HAH).

“Viewnya bagus. Dari depan Pasar Sumpang Minangae ini bisa melihat jembatan yang cantik (TRS) dan rumah sakit (RS HAH),” puji Hardaningsih. Hardaningsih dan rombongan BPOM Makassar bahkan sempat berswafoto dengan latar belakang jembatan TRS dan RS dr HAH dari anjungan itu.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Parepare Hasan Ginca mengatakan, Pasar Sumpang Minangae sebagai salah satu pasar di Sulawesi Selatan yang masuk kategori Pasar Aman, perlu dipersiapkan dengan baik jelang penilaian lomba tingkat nasional pada pertengahan Februari 2021.

“Jadi kita rapat membentuk Tim Pasar Aman yang di dalamnya terdapat beberapa stakeholder terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Perhubungan untuk mematangkan kesiapan Pasar Sumpang Minangae jelang hari penilaian,” terang Hasan Ginca.

Selain tim SKPD yang berada dalam Gabungan Dinas Pasar Aman, kata Hasan, juga dilibatkan Satgas Pariwisata dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, karena salah satu keunggulan Pasar Sumpang Minangae adalah destinasi wisata.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait