Peduli Kebersihan Lingkungan Warga Sekitar Tol, Nusantara Infrastructure Resmikan Kampung Bersih Nusantara

Direktur Utama Nusantara Infrastructure M Ramdani Basri. Foto/Istimewa
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Nusantara Infrastructure bersama unit bisnisnya di sektor jalan tol, PT Makassar Metro Network (MMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) meresmikan Kampung Bersih Nusantara, Rabu (30/11/2022). Program CSR berkelanjutan ini hasil kolaborasi bersama Human Initiative.

Kampung Bersih Nusantara dipusatkan tepat berada di samping tol, yakni wilayah Kokkoa RT06/RW 03, Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Program CSR berkelanjutan ini diharapkan mampu mengatasi masalah lingkungan, kesehatan dan sosial ekonomi masyarakat di sekitar tol.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama Nusantara Infrastructure, Muhammad Ramdani Basri, mengharapkan kehadiran Kampung Bersih Nusantara memberi kontribusi terhadap kemajuan Kota Makassar. Ia mengaku senang melihat perubahan drastis wilayah Kokkoa, yang dulunya bisa dibilang kumuh, namun kini menjadi lebih tertata dan bersih.

Melalui program CSR serta kolaborasi swasta dan pemerintah, Kota Makassar disebutnya semakin estetik. Bahkan, tidak kalah dari Jakarta, apalagi tatkala malam hari. “Kami bangga bisa berkontribusi untuk Makassar. Ya, apalagi Makassar ini kan jadi hub Indonesia Timur,” ucapnya.

Kampung Bersih Nusantara diketahui merupakan program CSR berkelanjutan untuk menjawab permasalahan kebersihan lingkungan di sekitar tol Makassar. Terlebih, di wilayah Kokkoa, dulunya banyak masyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan, bahkan masuk ke area samping jalan tol.

Program CSR ini juga diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi yang dimiliki masyarakat sekitar tol. Dengan begitu, bukan hanya menjaga kebersihan lingkungan, tapi memberi nilai ekonomi bagi rumah tangga. Toh, sejalan dengan kehadiran Kampung Bersih Nusantara juga dihadirkan bank sampah.

“Kami menyadari permasalahan sampah ini menjadi tanggung jawab kita bersama dan perlu adanya dukung serta sinergi dari berbagai pihak terkait untuk menciptakan solusi terintegrasi, agar permasalahan sampah bisa teratasi. Atas dasar itulah kami menginisiasi program berkelanjutan untuk mendukung Pemerintah Kota Makassar dalam mendorong peningkatan nilai hidup masyarakat,” paparnya.

President Human Initiative, Tomi Hendrajati, mengaku senang ikut dilibatkan dalam program CSR berkelanjutan ini. Diharapkan Kampung Bersih Nusantara ini benar-benar bisa berjalan baik dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh pihak.

“Kami juga mendorong adanya kolaborasi yang baik, apalagi saya lihat masyarakat di sini sangat antusias. Kemarin, saya sempat lihat persiapan, mereka kerja bakti dan membuat mural,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi, menyampaikan aspirasi kepada seluruh pihak, baik itu swasta maupun masyarakat yang telah menghadirkan Kampung Bersih Nusantara di wilayah Kokkoa. Program ini selaras dengan program Pemkot Makassar, khususnya lorong wisata.

Ia mendorong agar Kampung Bersih Nusantara kelak bisa naik kelas dan menjadi lorong wisata unggulan. “Ini kami anggap sebagai bentuk dukungan program pemerintah yakni lorong wisata. Ini adalah cikal bakal bisa menjadi lorong wisata,” ungkapnya.

Menurut Aryati, salah satu yang menjadi perhatiannya adalah penguatan keberadaan bank sampah di Kampung Bersih Nusantara. Diharapkan pihaknya agar masyarakat benar-benar memanfaatkan program tersebut.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait