Pemilih Baru di Pangkep Bertambah 60 Orang di Bulan Agustus

KPU Pangkep menggelar rapat pleno, Selasa 31 Agustus 2021. (Ist)
KPU Pangkep menggelar rapat pleno, Selasa 31 Agustus 2021. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, PANGKEP– Akhir bulan Agustus kembali KPU Pangkep menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Agustus 2021 secara internal yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Pangkep, Selasa 31 Agustus 2021.

Rapat dihadiri oleh semua jajajan Komisioner KPU, Sekretaris, Kasubag dan Staf Datin. Dalam Pleno Rekapitulasi ditetapkan jumlah pemilih sebanyak 238.118 dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 113.936 dan Pemilih perempuan sebanyak 124.182 yang meliputi pemilih baru sebanyak 60 orang, Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 130 orang dan Perbaikan Data Pemilih sebanyak 370 pemilih.

Bacaan Lainnya

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi Rohani menyampaikan bahwa terdapat penurunan jumlah pemilih dibanding bulan sebelumnya sekitar 70 pemilih. Hal ini tidak lepas dari jumlah Pemilih TMS karena meninggal yang cukup tinggi sebanyak 127 pemilih.

Sementara tambahan pemilih baru sebanyak 60 orang tidak jauh berbeda dengan bulan sebelumnya juga hanya 62 pemilih, malah berkurang 2 pemilih. Namun pemilih yang terdata banyak melakukan perbaikan data pemilih sangat tinggi sebanyak 370 pemilih di antaranya karena terdapat perubahan status perekaman pemilih dan perubahan elemen data pemilih.

“Pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat disebabkan karena pemilih telah meninggal dunia cukup tinggi, sehingga data warga yang kemarin terdaftar di DPT segera kami coret dalam DPT dan kami rekap dalam DPB periode Agustus ini, bulan ini juga hanya 1 orang pemilih Tidak Memenuhi Syarat karena status Pindah Domisili keluar dari Pangkep,“ ujar Rohani.

Selain itu lanjut Nanny, sapaan akrab Rohani, pemilih baru tidak jauh berbeda bulan yang lalu hanya 60 orang pemilih yang semuanya merupakan pemilih pemula yang sudah genap berusia 17 tahun. “Di bulan berjalan ini yang kami dapatkan datanya dari Kemenag dan Disdik Wilayah IX setiap bulannya,” ujar dia.

Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Agustus ini setiap bulannya ditetapkan oleh KPU Pangkep sebagai bagian dari upaya memelihara data Pemilih secara berkelanjutan sebagaimana amanat undang-undang No 7 tahun 2017. Data ini bisa disiapkan sejak dini guna menghasilkan Data Pemilih Berkelualitas dalam rangka Pemilu dan Pilkada Serentak secara Nasional yang akan dihelat Tahun 2024 mendatang.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait