Pemilihan Rektor UNM: Hasmyati Menang Telak, Disusul Karta-Hasnawi

Prof Hasmiyati unggul telak di Pilrek UNM, Selasa 27 Februari 2024. (Ist)
Prof Hasmiyati unggul telak di Pilrek UNM, Selasa 27 Februari 2024. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Senat Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melakukan pemilihan 3 calon rektor yang lolos ke putaran kedua. Tiga dari lima calon yang lolos yakni Prof Hasnawi Haris, Prof Karta Jayadi, dan Prof Hasmyati.

Penyaringan 3 besar calon rektor ini diikuti oleh 64 senat pemilik suara di Ruang Senat UNM, Menara Phinisi, Selasa (27/2). Hasilnya, calon rektor nomor urut 5 Prof Hasmyati unggul telak dengan 51 suara, disusul calon rektor nomor urut 4, Prof Karta Jayadi dengan perolehan 5 suara, dan calon rektor nomor urut 1 Prof Hasnawi yang meraih 4 suara.

Bacaan Lainnya

“Rencananya panitia akan melaporkan 3 besar yang pertama yaitu Prof Hj Hasmyati yang memperoleh suara terbanyak sebanyak 51 dan nomor urut 2 Prof Karta Jayadi yang memperoleh suara 5 dan yang ketiga Prof Hasnawi Haris yang memperoleh suara 4,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNM Prof Hamsu Gani saat konferensi pers usai pemilihan, Selasa (27/2/2024).

Hamsu Gani menyampaikan seluruh anggota senat yang berjumlah 64 orang hadir menggunakan hak pilihnya. Pemilihan hanya dilakukan satu putaran yang dimulai pada pukul 09.30 Wita dan berakhir pukul 11.00 Wita.

“Alhamdulilah panitia tidak melakukan pemilihan suara ulang karena biasanya kalau nomor urut ketiga ternyata suaranya sama kita akan lakukan pemilihan kembali untuk menentukan urutannya,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Hamsu, panitia akan melaporkan 3 calon rektor yang lolos tersebut ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Selanjutnya pemilihan rektor putaran kedua dijadwalkan pada 7 Maret mendatang dan kembali memperebutkan 65% suara senat ditambah 35% suara menteri.

“Insyaallah 3 urutan pertama kita akan laporkan kepada kementerian untuk dilakukan lagi pemilihan, di mana berikutnya pemilihan sudah masuk suara menteri sebanyak 35%, saya tidak tahu jumlahnya berapa itu, tapi yang jelas kita rencanakan tanggal 7 Maret itu masih tentatif tergantung dari waktu yang disetujui oleh Pak Menteri dan atau yang diwakilkan,” ujar Hamsu.

Diketahui, masa jabatan periode kedua Rektor UNM Prof Husain Syam akan berakhir pada 17 Mei 2024. Pihak panitia berharap sudah ada calon rektor dilantik tepat pada berakhirnya periode Rektor Husain Syam.

“Panitia mengusahakan atau melaporkan ke menteri pada tanggal itu sudah ada pelantikan rektor baru,” ucapnya.

Editor: Rahmat

judul gambarjudul gambar

Pos terkait