Pemprov Sulsel Dorong Pembentukan Koperasi Pemasaran UMKM Kampung Rama

  • Whatsapp
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR- Pemerintah Provinsi Sulsel mendorong dan mendukung pembentukan koperasi pemasaran UMKM yang digagas komunitas UMKM Naik Kelas di Kampung Rama, Kelurahan Paropo, Kota Makassar, Jumat 4 Agustus 2022.

Pembentukan koperasi Kampung Rama yang dirangkaikan dengan penyuluhan ini dibuka Kabid Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sulawesi Selatan Hajja Erniwati yang didampingi Muhammad Hasyim dan Muhasin Aswi sebagai pemateri dalam kegiatan itu.

Bacaan Lainnya

“Kita berharap kehadiran koperasi pemasaran UMKM Kampung Rama bisa diikuti kelompok-kelompok masyarakat lainnya. Kami mengapresiasi kelompokm UMKM Naik Kelas yang bisa menjadi pelopor pembentukan koperasi ini,” ucap Hajja Erniwati dalam kegiatan seremoni diskusi dan pembukaan koperasi UMKM Kampung Rama.

Deputi Komunikasi Asosiasi Pengelola Pasar (Asparindo) Sulsel, Hendra Nick Arthur yang juga terlibat sebagai insiator pembentukan koperasi Kampung Rama itu mengatakan kawasan kuliner khas Toraja yang ada di Kelurahan Paropo ini telah dikenal sebagai kampung wisata komunitas Toraja di Kota Makassar.

“Saya pikir keberadaan koperasi Kampung Rama ini akan semakin memperkuat brand lokal kawasan ini yang dikenal sebagai kawasan khusus kuliner khas Toraja. Bukan hanya komunitas orang toraja yang mengenal Kampung Rama. Warga asal Batak, Manado, Ambon hingga warga keturunan Tionghoa juga sangat mengenal kawasan ini,” kata dia.

Keberadaan Koperasi Kampung Rama ini, lanjut Hendra yang juga dikenal sebagai Pemerhati Pariwisata Sulsel ini bisa memperkuat posisi Kampung Rama sebagau brand lokal yang memiliki daya tarik pengelolaan ekonomi kemasyarakatan yang berbasis wisata.

“Pengelolaan brand lokal Kampung Rama melalui pendekatan Community Base Tourism atau CBT dengan penguatan sistem manajemen koperasi ini. Bisa menjadi role model baru dalam pengembangan ekonomi masyarakat yang berbasis atraksi wisata lokal,” kata Hendra

Dalam kegiatan itu, Sang Abta Paonganan ditunjuk sebagai Ketua Koperasi Pemasaran UMKM Sulsel melalui rapat anggota koperasi itu berharap pengembangan pariwisata dan brand lokal utamanya produk dan jasa UMKM bisa menjadi kekuatan besar pengembangan koperasi yang berbasis komunitas

“Koperasi merupakan usaha berbasis Ekonomi Kerakyatan dengan mengedepankan semangat gotong royong dalam prakteknya badan usaha didirikan oleh anggota dijalankan oleh anggota dan konsumenya adalah anggota dan masyrakat umum yang bertujuan untuk mensejahterakan para anggota koperasi” tutup dia.

Dalam rapat dan penyuluhan koperasi Kampung Rama hadir juga para Tokoh Masyrakat Kampung Rama Nop Lande selaku RW dan beberapa tokoh masyrakat lainnya seperti Rudyanto dan beberapa Ketua RT di Kelurahan Paropo, Kota Makassar.

Editor: Azhar

  • Whatsapp

Pos terkait