PK Otda Gelar Bimtek BPD se Kota Sawalunto

  • Whatsapp
Bimtek peningkatan kinerja BPD se Kota Sawalunto akhir pekan lalu. (Ist)
Bimtek peningkatan kinerja BPD se Kota Sawalunto akhir pekan lalu. (Ist)

MANIFESTO, JAKARTA– Lembaga Pengkajian Keuangan dan Otonomi Daerah (PK-Otda) melaksanakan bimbingan tekhnis  (Bimtek) peningkatan kinerja kelembagaan BPD terkait tugas, fungsi, hak,  kewajiban dan wewenang serta penanggulangan dan penganggaran pandemic Covid-19  di desa se-Kota Sawalunto yang dilaksanakan di Hotel Siantar, Kota Pematang Siantar, dari Rabu 25 November hingga Sabtu 28 November 2020.

Ketua Forum BPD Kota Sawahlunto Doni M.Nur, SH membuka langsung kegiatan bimtek secara resmi. Dalam sambutan, ia mengharapkan kepada anggota BPD dapat memahami apa yang menjadi tugas dan fungsinya sebagai anggota perwakilan rakyat di tingkat desa.

Bacaan Lainnya

Sementara, Sekretaris Jenderal Lembaga PK-Otda, Muhammad Yunus Arifuddin sebagai lembaga pelaksana dalam kegiatan ini menyampaikan kepada pemangku kepentingan di Kota Sawahlunto bahwa dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas, pemkot harus selektif memilih lembaga sebagai mitra pelaksana.

“Pasalnya, banyak lembaga-lembaga di luar sana yang tidak kredibel melaksankan kegiatan yang sama, alhamdulillah lembaga PK-Otda ini salah satu lembaga binaan Kementerian Dalam Negeri,” kata Yunus, Sabtu 28 November 2020. Ia pun mengharapkan, peserta agar kiranya dapat mengaplikasikan apa yang telah didapat selama proses bimbingan ini.

Terpisah Ketua Bidang Organisasi Anzhar Ilo mengharapkan kegiatan ini sesuai dengan mekanisme dalam pelatihan, karena lembaga PK Otda ini dipantau langsung oleh BPK dan KPK. “Harapan kami kegiatan ini bisa bermanfaat bagian pelaksanaan kinerja BPD,” terang Anshar.

Hadir sebagai pemateri, perwakilan langsung dari Kemendagri, di antaranya, Bina Pemdes Kemendagri, Drs. Sautma Sihombing, M.Si dan Isti Khoriana Karim.

Editor: Azhar