PTM Terbatas 100 Persen di Takalar Dimulai Hari Ini

  • Whatsapp
Pembelajaran tatap muka. (PTM)
Pembelajaran tatap muka. (PTM)
judul gambar

MANIFESTO, TAKALAR– Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas 100 persen di Takalar dimulai pada Senin, 10 Januari 2022 (hari ini). Dinas Pendidikan (Disdik) Takalar menetapkan kebijakan ini, berdasarkan instruksi regulasi SKB 4 Menteri yang baru terkait pelaksanaan sekolah tatap muka di masa pandemi.

“Pembelajaran tatap muka semester 2 di Takalar akan dimulai 10 Januari 2022 dan siap menggelar PTMT 100 Persen. Tentu pelaksanaannya sesuai dengan kebijakan SKB 4 Menteri yang baru dengan memperhatikan protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Takalar Irwan Sijaya, Minggu (9/1/2022).

Bacaan Lainnya

Irwan menjelaskan PTMT terbatas dengan kapasitas kurang dari 100 persen di Takalar, sudah dimulai sejak Juni 2021. Seiring berjalannya waktu dan kondisi pandemi Takalar terus membaik, Dinas Pendidikan bersama SKPD terkait telah mengizinkan sejumlah sekolah untuk melaksanakan tatap muka tahapan uji coba kelompok.

“Jadi sebelumnya sudah ada uji coba, termasuk PTM dengan hanya beberapa hari saja dalam sepekan dalam durasi dua atau tiga jam setiap pertamuan,” ungkap Irwan.

Irwan menyampaikan jika mulai tahun ajaran 2021/2022 semester genap, sekolah tatap muka atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dibuka total kapasitas peserta didik 100 persen dengan syarat asalkan sekolah telah memenuhi syarat yang telah ditentukan berdasarkan  SKB 4 menteri. Selain itu, sekolah yang bersangkutan telah melalui verifikasi  oleh tim PSC terkait.

Untuk tingkat Sekolah Dasar, bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang sudah vaksin 100 persen sudah bisa melaksanakan proses pembelajaran 6 jam. Tingkat SMP, bagi PTK dan siswa sudah vaksin 100 persen sudah bisa membuka sekolahnya 6 jam sesuai SKB 4 Menteri. Dengan catatan harus mendapatkan rekomendasi dari PSC Takalar.

“Bagi PTK dan siswa yang belum vaksin 100 persen kita dorong untuk mempercepat perampungan. Apalagi trend vaksin kita di Takalar sangat baik,” kata Irwan.

PTM terbatas ini, lanjutnya berkerja sama dengan Dinas Kesehatan, KCD 7, Kemenag, Satpol PP, Kewilayahan dan dinas terkait. Pelaksanaannya pun mengikuti pedoman yang telah dibuat dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga sekolah.

Untuk kondisi terkini, capaian vaksin untuk Kabupaten Takalar sudah mencapai kisaran 80 persen. Takalar adalah salah satu daerah di Sulsel yang trend vaksinasinya sangat baik.

Editor: Azhar

  • Whatsapp

Pos terkait