Ruas Sabbang-Tallang Putus Akibat Longsor, PUTR Sulsel Lakukan Penanganan Darurat

Ruas jalan Sabbang- Tallang, Luwu Utara terputus karena longsor. (Ist).jpg
Ruas jalan Sabbang- Tallang, Luwu Utara terputus karena longsor. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, LUWU– Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penanganan darurat pada ruas Sabbang-Tallang di Kabupaten Luwu Utara, yang putus akibat longsor. Kondisi medan yang berat membuat upaya penanganan berjalan alot.

Kepala Dinas PUTR Sulsel Astina Abbas mengatakan, longsor yang terjadi pada salah satu daerah terisolir itu menjadi perhatian Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Pihaknya langsung melakukan penanganan di lapangan.

Bacaan Lainnya

“Kita tindaklanjuti atas kejadian longsor di ruas Sabbang – Tallang. Kita turunkan ekskavator,” katanya, Sabtu, 7 Mei 2022.

Hanya saja kata Astina, lokasinya harus menempuh medan yang berat, sehingga kendaraan tronton yang memuat ekskavator tidak bisa melaju sampai ke lokasi longsor.

“Jadi ekskavator itu jalan manual ke lokasi yang jaraknya sekitar 17 km,” ungkapnya.

Lokasi jalan itu pula, lanjut dia, berada di lereng gunung sehingga rawan terjadi longsor susulan. Kondisi ini harus diantisipasi dini agar tak terjadi hal yang lebih parah.

Adapun penanganan sementara melakukan cutting secara manual oleh tim UPT PUTR Sulsel dibantu masyarakat setempat.

“Untuk penanganan darurat, PUTR berencana melakukan cutting atau memotong gunung. Sehingga akses kendaraan roda dua dan roda empat bisa segera dilewati sementara,” jelasnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait