Sekolah Mulai Dibuka, Kenali Gejala Virus Corona pada Anak

Sekolah siap dibuka lagi di tengah pandemi Covid 19. Kenali gelaja penularan pada anak. (Ilustrasi Int)
Sekolah siap dibuka lagi di tengah pandemi Covid 19. Kenali gelaja penularan pada anak. (Ilustrasi Int)
judul gambar

MANIFESTO, JAKARTA– Sekolah sebentar lagi akan dibuka di beberapa daerah yang masuk dalam zona kuning penyebaran Covid 19.

Namun, keputusan pemerintah Indonesia membuka kembali sekolah di zona kuning mendapat sorotan berbagai pihak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan ini berisiko memperparah penularan Covid 19 karena anak tetap bisa terinfeksi dan menyebarkan virus corona.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, orangtua siswa sangat penting mengetahui gejala infeksi Corona yang bisa muncul pada anak. Tujuannya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penularan di antara anak-anak.

Wakil Ketua Komite Penyakit Infeksi, Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat, dr Sean O’Leary mengatakan secara umum gejala infeksi COVID-19 pada anak dan orang dewasa sama.

“Bila Anda melihat daftar gejala potensial mulai dari, hidung tersumbat, batuk, demam, hingga kehilangan fungsi indra penciuman, ini semua bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa,” kata dr Sean seperti dikutip dari CNN, Minggu 16 Agustus 2020.

Hanya saja pada anak-anak kadang juga dilaporkan muncul gejala seperti timbulnya ruam merah di kulit yang menyebar cepat. Orang tua juga disarankan mewaspadai bila anak mengeluh sulit bernapas, tampak lemas, dan sulit bangun dari tidur.

Perhatikan apakah gejala yang dialami anak tampak memburuk lebih cepat dari penyakit seperti flu atau pilek biasa.

“Segera hubungi dokter bila kamu tidak bisa menjaga anak terbangun, atau anak-anak terus tidur dan kelelahan sepanjang waktu. Bila mereka kehilangan nafsu minum, makan, atau melakukan aktivitas sehari-hari,” ungkap dokter anak, Daniel Cohen, yang sehari-hari praktik di New York.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait