Sesuai Target! Puskesmas Tanakeke Terima Kode Register dari Kemenkes

  • Whatsapp
Kadis Kesehatan Takalar dr Rahmawati saat mengurus kode register Puskesmas Tanakeke di Jakarta, pekan lalu. (Ist)
Kadis Kesehatan Takalar dr Rahmawati saat mengurus kode register Puskesmas Tanakeke di Jakarta, pekan lalu. (Ist)

MANIFESTO, TAKALAR– Puskesmas Tanakeke mendapatkan kabar baik dari Kementerian Kesehatan, Kamis 17 Desember 2020. Puskesmas yang berdiri setahun lalu, kini telah mendapatkan kode register dari Kemenkes.

Dengan kode register ini maka secara legal telah diakui sebagai bagian dari Kemenkes. Bupati Takalar Syamsari Kitta pun sangat senang dengan terigesternya puskesmas yang diresmikan tahun lalu itu. Meski demikian, untuk mendapatkan pengakuan itu melewati tahapan yang tidak mudah.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, puskesmas Tanakeke sudah terigister di Kemenkes, ini kabar baik bagi masyarakat Takalar, khususnya warga Tanakeke, ini tidak mudah, tetapi kita bisa dapatkan dalam kurun waktu setahun, kita berharap dengan pengakuan ini maka pelayanan kesehatan di Pulau Tanakeke akan semakin baik dan berkualitas,” kata Syamsari Kitta, Kamis 17 Desember 2020.     

Bupati Takalar Syamsari Kitta sangat fokus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Takalar selama tiga tahun terakhir. (Int)

Sebagai kecamatan baru kata Syamsari, Tanakeke harus mendapatkan perhatian lebih sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa makin maksimal. Selain pelayanan administrasi, pelayanan kesehatan adalah sesuatu yang mendasar yang mesti didekatkan di kecamatan yang terbentuk akhir tahun lalu itu.

“Pelayanan kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat, dengan keberadaan puskesmas yang sudah diakui oleh Kemenkes maka warga bisa terlayani dengan baik, harapannya kita pelayanan kesehatan di daratan dengan pulau tidak jauh beda,” harap Syamsari Kitta.    

Kepala Dinas Kesehatan dr Rahmawati menambahkan, dengan kode register yang diterima, maka puskesmas Tanakeke bisa mengelola dana Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain itu keuntungan terigester di Kemenkes, maka puskesmas bersangkuatan bisa mengusulkan untuk permintaan DAK di pusat dan bisa mengusulkan uuntuk nusantara sehat.

“Jadi ada banyak keuntungan dengan kode regieter ini, seperti permintaan dokter dan perawat serta bidan yang akan bertugas di puskesmas Tanakeke yang ditujukan ke Kementrian Kesehatan,” kata Rahma.

Ia pun mengharapkan dengan kode register ini maka pelayanan di puskesmas Tanakeke makin baik sesuai harapan Bupati Takalar. Dengan peningkatan kualitas pelayanan maka warga pulau tidak usah ke kota Takalar untuk melakukan pengobatan.

“Ini semata-mata untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan inilah tujuan utama dari Bapak Bupati agar masyarakat pulau jika sakit tidak perlu jauh-jauh naik perahu ke daratan, cukup di puskesmas Tanakeke saja karena dokter dan fasilitas juga sudah memadai, jadi bisa langsung melayani, ” ungkap Rahma.

Editor: Azhar