Sosialisasikan Perda Zakat, Syamsuddin Raga: Bersedekahlah di Saat Sempit Maupun Lapang

Syamsuddin Raga. (Int)
Syamsuddin Raga. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Syamsuddin Raga menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Zakat di Hotel Grand Town Makassar, Selasa (19/10/2021).

Politisi Perindo itu menjelaskan, perda ini adalah kewajiban legislatif maupun eksekutif untuk membuatnya. Termasuk untuk mensosialisasikannya.

Bacaan Lainnya

“Berzakat tidak mesti untuk yang mampu. Di Alquran mengatakan, Bersedakahlah engkau disaat sempit maupun lapang. Allah telah berjanji akan diganti berkali-kali lipat,” tutur Syamsuddin.

Ini pesan moral bahwa zakat adalah kewajiban. Berapapun zakat itu akan menjadi nilai pahala di mata Allah SWT.

Dr Muh Ilyas dalam pemaparan materinya menyampaikan, UU maupun Perda terkait dengan pengelolaan zakat menunjukkan bahwa negara memberikan perlindungan kepada ummat Islam secara keseluruhan di dalam menjalankan ajaran agama secara sempurna dan maksimal.

Dengan adanya Perda ini, pengelolaan zakat di kota Makassar dapat dilakukan dengan baik. “Zakat ini membuat hidup kita lebih berkah,” ungkapnya.

Pemateri selanjutnya, Ustaz Sakkiran menjelaskan, adanya perda ini menjadi solusi untuk penguatan tata kelola zakat di daerah dalam rangka penanggulangan kemiskinan.

“Pengelolaan zakat harus diatur oleh negara. Peran negara tidak dapat dieliminasi dalam pengelolaan zakat. Pelaksanaan urusan agama Islam yang berkaitan dengan harta dan muamalah, salah salah satunya adalah urusan zakat, menghendaki keteraturan dan kepastian hukum,” paparnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait