Tak Pernah Ribut Soal Jabatan di Parepare, TP: Karena Kami Taat Aturan

Walikota Parepare HM Taufan Pawe. (Int)
Walikota Parepare HM Taufan Pawe. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, PAREPARE– Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe baru saja melantik dua pejabat eselon IIB, Rabu, 1 September 2021. Keduanya adalah Hj Andi Rusia yang didefinitifkan di jabatan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare, dan Jumadi definitif Sekretaris DPRD (Sekwan) Parepare.

Wali Kota Taufan Pawe mengemukakan, selama masa pemerintahannya hingga periode kedua ini, tidak pernah ada ribut-ribut soal jabatan di Parepare. Itu karena penempatan pejabat dilakukan sesuai aturan, mekanisme, dan kompetensinya. Termasuk tidak ada istilah jual beli jabatan, tidak ada suka dan tidak suka. “Tidak sama di daerah lain ribut (soal jabatan). Dibawa ke masalah hukum karena jabatan diperjual belikan. Di Parepare tidak ada seperti itu. Karena kami taat aturan,” ungkap Taufan Pawe (TP).

Bacaan Lainnya

Taufan menekankan, mulai periode pertama pemerintahannya pada 2013 hingga sekarang dia selalu mendengung-dengungkan tiga taat. Yakni taat asas, taat administrasi, dan taat anggaran.

TP, akronimnya, yakin di masa kepemimpinannya tidak ada yang tidak secara normatif dan prosedural. Tidak ada ribut dan riak-riak karena jabatan. Karena semuanya sesuai aturan, taat asas, taat administrasi, dan taat anggaran. “Dan dalam setiap kesempatan saya selalu ingatkan jabatan itu bukan hak, jabatan itu penilaian,” ingat Taufan.

Dalam kesempatan itu, Taufan mengapresiasi semangat pengabdian para aparatur Pemkot Parepare, yang tidak pernah redup dalam situasi apapun termasuk pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Wali Kota Parepare dua periode ini memotivasi para pejabat dan ASN Parepare untuk bermimpi menggapai karier yang lebih tinggi. Termasuk Sekda, harus bermimpi di atas Sekda. “Kenapa kita tidak sama-sama bermimpi. Apa salahnya kalau Pak Sekda bermimpi di atas Sekda. Memangnya harus Sekda terus,” imbuh Wali Kota berlatar belakang profesional hukum ini.

Setelah pelantikan dua pejabat eselon IIB ini menyusul adalah pengisian 10 jabatan eselon IIB lowong yang sudah melalui proses seleksi terbuka. Posisi tiga besar hasil seleksi terbuka diumumkan dalam waktu dekat.

Sepuluh jabatan yang diseleksi terbuka itu adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BKPSDMD Parepare. Kemudian Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, serta Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait