Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, RSIA Zainab Takalar Resmi Beroperasi

  • Whatsapp
Bupati Takalar Syamsari Kitta resmi mengoperasikan RSIA Zainab di kelurahan Bontolebang, kecamatan Galesong Utara, Jumat 10 Juli 2020. (Ist)
Bupati Takalar Syamsari Kitta resmi mengoperasikan RSIA Zainab di kelurahan Bontolebang, kecamatan Galesong Utara, Jumat 10 Juli 2020. (Ist)

MANIFESTO, TAKALAR– Bupati Takalar Syamsari Kitta secara resmi membuka Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Zainab di kelurahan Bontolebang, kecamatan Galesong Utara, Jumat 10 Juli 2020.

Dengan beroperasinya RSIA pertama di Takalar itu akan bisa menekan angka kematian ibu dan anak di Takalar. Apalagi selama ini, angka kematian ibu dan anak masih tergolong cukup tinggi. 

Bacaan Lainnya

“Hari ini RSIA Zainab ini resmi beroperasi dan harapan kami adalah bisa menekan angka kematian ibu dan anak di Takalar,” kata Syamsari saat membuka pengoperasian RSIA itu.

Selama pandemi, RSIA Zainab dijadikan RS rujukan ibu yang mau melahirkan dan penyakit umum akan- anak. Pasalnya, RSUD Haji Padjonga Daeng Ngalle Takalar saat ini dijadikan sebagai RS rujukan untuk pasien Covid 19.

“Jadi selama pandemi, RSIA Zainab ini kita jadikan RS rujukan bagi ibu melahirkan dan penyakit anak- anak,” terang Syamsari.

Meski sudah beroperasi, mantan anggota DPRD Sulsel itu mengaku, RSIA Zainab belum sempurna. Makanya, Pemkab Takalar masih akan menambah kamar sehingga lebih representatif.

“Pada dasarnya RSIA ini sudah  lengkap tapi belum sempurna, semoga tahun depan kita bisa menganggarkan untuk menambah kamar sehingga bisa lebih representatif,” kata Bupati murah senyum itu.

Dalam waktu dekat, Syamsari mengharapkan agar RSIA ini segera menjali kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dengan kerja sama itu maka akan meningkatkan pelayana kepada masyarakat Takalar secara umum.

“Semoga segera dijalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga pelayanan bisa lebih maksimal, semoga semakin hari pelayanan kesehatan di Takalar makin baik, saya kira itu harapan kita bersama,” kata Syamsari.

Selain RSIA Zaenab, Pemkab Takalar juga telah meresmikan RS. Pratama tipe D di kelurahan Palleko, kecamatan Polongbangkeng Utara yang menjadi rumah sakit rujukan bagi warga dengan kondiri penyakit ringan.

Editor: Azhar

  • Whatsapp