Terima 13 Ambulance dan Damkar dari Jepang, NA: 21 Unit Lagi Menyusul!

  • Whatsapp
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat menerima bantuan hibah ambulance dan Damkar dari Jepang, Jumat 5 Februari 2021. (Ist)
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat menerima bantuan hibah ambulance dan Damkar dari Jepang, Jumat 5 Februari 2021. (Ist)

MANIFESTO, MAKASSAR– Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah, menegaskan bentuk kerjasama antara Pemprov Sulsel dan Pemprov Ehime Jepang dan Toyota Ehime Jepang bukan kerjasama biasa, tapi merupakan persaudaraan. 

Hal ini disampaikan Gubernur Sulsel saat menerima 13 unit ambulans dan Damkar dari Ehime Jepang, yang diserahkan langsung perwakilan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), di Gedung Karaeng Pattingalloang, Gubernuran, Jumat 5 Februari 2021. 

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulsel mengatakan kerjasama dengan Pemprov Ehime Jepang dan Toyota Ehime Jepang sudah dilakukan sejak tahun 2019.

“Hari ini kita dapat berkah yang sudah dilakukan kerjasama sejak tahun 2009, yaitu bantuan Damkar dan ambulans, jumlah 13 unit dan akan menyusul lagi 21 unit akan dikirim secara bertahap,” ungkapnya.

Dari segi keuangan, damkar dan ambulans ini menguntungkan bagi Pemprov Sulsel. Sebab selain tidak dibayar, biaya masuk di Indonesia juga hanya membayar ongkos pengiriman sebanyak Rp30 juta per satu kontainer.

“Satu kontainer itu biayanya Rp 30 juta, apalagi biaya masuk juga tidak ada dan ini kan hibah. Kita cuma membayar ongkos. Ini tentu lebih hemat dari segi anggaran, tapi tidak berarti layanan pada masyarakat itu harus terhenti,” ujarnya. 

Gubernur Sulsel juga mengaku kerjasama ini meringankan beban APBD Provinsi Sulsel sehingga diharapkan seluruh proses administrasi bisa lebih cepat.

“Ini akan meringankan beban APBD daerah, sehingga kita berharap seluruh proses administrasi bisa lebih cepat, sehingga tidak menyulitkan pemberi hibah untuk menampung damkar dan ambulans,” ucapnya.

Usai penyerahan bantuan hibah, Syamsari berharap agar Pemprov Sulsel juga melirik Pemerintah Kabupaten Takalar untuk diberikan kendaraan hibah tersebut. Bantuan hibah itu akan sangat berharga menjelang perayaan HUT Takalar ke 61.

“Tentu kita berharap agar Kabupaten Takalar juga bisa kebagian mendapatkan hibah kendaraan ini, sehingga bisa lebih menambah armada kita di kabupaten. Semoga juga bisa menjadi kado bagi daerah kita yang akan ulang tahun sebentar lagi yang ke 61,” harap Bupati murah senyum itu.

Selain Bupati Takalar,  beberapa bupati juga terlihat menghadiri penyerahan mobil Dakar dan ambulance itu, seperti Bupati Gowa Adnan Purichta IYL, Bupati Soppeng Kaswadi Razak, Bupati Wajo Amran.

Editor: Azhar

Pos terkait