Tersangka Lain Sudah Disidang, Jejak Harun Masiku Belum Terlacak

  • Whatsapp
Tersangka kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Hasan Masiku masih buron hingga kini. (Int)
Tersangka kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Hasan Masiku masih buron hingga kini. (Int)

MANFESTO, JAKARTA – Jejak buron KPK dalam kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) DPR Harun Masiku belum terlacak hingga kini. Keberadaan eks Caleg PDIP itu masih misterius, padahal tiga tersangka lain dalam kasus itu telah masuk tahap persidangan.

Kasus ini cukup menyita perhatian publik karena melibatkan kader- kader partai penguasa dan Komisioner KPU. KPK mengatakan bersama Polri terus mencari Harun Masiku.

Bacaan Lainnya

“KPK bersama Polri tentu akan terus mencari keberadaan tersangka HAR (Harun Masiku),” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan dikutip detik,com, Kamis 28 Mei 2020.

Ketiga tersangka lain yang masuk ke tahap persidangan ialah eks komisioner KPU Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina, dan Saeful Bahri. Khusus untuk Saeful, hari ini telah divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta.

Ali mengatakan vonis yang dijatuhkan ke Saeful itu menjadi alat bukti tambahan yang akan memperkuat sangkaan kepada Harun Masiku. Sebab, perbuatan suap itu dilakukan Saeful bersama-sama dengan Harun Masiku.

“Sekalipun belum berhasil menemukan keberadaan yang bersangkutan, hari ini perkara atas nama terdakwa Saeful telah dinyatakan bersalah oleh majelis hakim di mana perbuatannya terbukti dilakukan bersama-sama dengan tersangka HAR,” ujar Ali.

Ali menegaskan, pertimbangan dalam putusan ini menjadi tambahan satu alat bukti yang akan memperkuat sangkaan kepada tersangka HAR. Selain itu, Ali mengatakan KPK menunggu proses persidangan Wahyu Setiawan dan Agustiani Tio Fridelina. Ia berharap kedua tersangka itu juga divonis bersalah atas kasus suap PAW anggota DPR tersebut.

“KPK masih menunggu pula proses persidangan terdakwa WS dan ATF dengan harapan bahwa akhir putusan akan terbukti pula keduanya adalah sebagai penerima suap dalam perkara tersebut,” ucapnya.

Untuk ketahui, ketiga tersangka kasus suap PAW anggota DPR, yakni Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina, dan Saeful Bahri, telah masuk tahap persidangan terlebih dahulu.

Saeful telah divonis divonis 1 tahun 8 bulan penjara dan denda Rp150 juta subsider 4 bulan kurungan, sedangkan Wahyu dan Agustiani Tio didakwa menerima suap dari Saeful senilai Rp 600 juta terkait PAW anggota DPR Harun Masiku.

Selain menerima suap, Wahyu didakwa menerima gratifikasi. Wahyu didakwa menerima gratifikasi Rp 500 juta dari Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat Rosa M Thamrin Payapo.

Editor: Azhar