Thailand Berlakukan Lockdown hingga Akhir April, Indonesia Menyusul?  

judul gambar

MANFESTO, JAKARTA– Nampaknya tak ada jalan lain untuk menangkal penyebaran virus corona atau Covid 19 selain lockdown. Thailand pun akan segera memberlakukan lockdown sebagai cara menghentikan laju virus yang dua bulan terakhir sukses “menggungcang” nyaris semua penduduk Bumi.

Thailand mengikuti deretan negara lain yang menerapkan lockdown luas untuk memerangi penyebaran virus corona. Sejauh ini, 1.000 orang telah dinyatakan positif corona di Thailand dengan empat kematian.

Bacaan Lainnya

Lockdown akan dimulai saat keadaan darurat negara mulai diberlakukan, Kamis 26 Maret 2020. Mulai hari ini, perbatasan negara tersebut akan ditutup untuk para pendatang asing. Acara-acara pertemuan sosial juga akan dilarang, perjalanan domestik akan dibatasi dan seluruh toko kecuali toko-toko yang penting akan ditutup hingga akhir April mendatang.

Rincian tersebut disampaikan oleh pemerintah Thailand pada Rabu 25 Maret 2020, sehari setelah rencana kebijakan keadaan darurat diumumkan.

“Thailand berada pada titik balik dalam wabah ini dan situasinya bisa jauh lebih buruk,” kata Perdana Menteri (PM) Thailand Prayuth Chan-Ocha dalam pidatonya yang disiarkan televisi seperti dilansir Bloomberg, Kamis 26 Maret 2020.

“Penting bagi kita untuk menerapkan aturan yang lebih ketat guna mengurangi penyebaran,” imbuhnya.

Bagaimana dengan Indonesia yang kondisinya lebih mengerikan? Akankah juga memberlakukan lockdown secara nasional di saat jumlah warga yang positif corona mendekati angka seribu, plus 58 kematian?

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait