Tiga Partai Pengusung Siapkan Calon Wagub Pendamping Sudirman

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia. (Int)
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Tiga partai pengusung Andi Sudirman Sulaiman sudah mengurucutkan calon wakil gubernur yang akan mendampingi di sisa masa jabatan.

PDIP menjagokan Andi Ansyari Mangkona, PAN menyiapkan Andi Irfan AB sementara PKS akan mengusulkan Amri Arsyid sebagai calon Wagub.

Bacaan Lainnya

Ketua Polhukam DPW PKS Sulsel, Ariady Arsal mengatakan, sedianya PKS mendorong dua nama ke DPP sebagai Cawagub Sulsel. Namanya dan Amri Arsyid.

“Tradisi PKS kan memang begitu. Tidak bisa mengusulkan satu nama, harus dua nama. Jadi tentu Pak Amri yang akan diprioritaskan oleh DPP, karena beliau merupakan Ketua DPW,” kata Ariady, Senin (20/12/2021).

Ariady bilang, memang keputusan DPP belum keluar. Usulan DPW masih sementara diproses. Namun memang, nama Amri hampir pasti menjadi jagoan PKS sebagai Cawagub Sulsel.

Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel ini mengaku proses penggodokan Cawagub Sulsel bisa cepat dilakukan. Asalkan Andalan segera defenitif dalam waktu dekat ini.

“Makanya kita harapkan Pak Gub (Andalan), bisa segera defenitif. Kalau bisa, minggu depan sudah defenitif. Sehingga teman-teman partai pengusung bisa segera melakukan pembahasan,” ujarnya.

Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Irfan AB mengungkapkan belum ada keputusan resmi dari partainya soal figur yang akan didorong jadi Cawagub. PAN Sulsel sendiri belum menjadwalkan untuk rapat pleno.

Soal kesiapannya, anggota DPRD Sulsel ini mengaku siap maju bila diberi amanah dari PAN. Irfan AB siap bersaing menjadi pendamping Andalan.

“Nanti dalam waktu dekat kami akan bicarakan, tetapi sudah ada nama-nama yang beredar. Kita harus siap kalau ditugaskan oleh partai, tidak ada alasan untuk tidak siap,” kata Ketua BK DPRD Sulsel ini.

Apalagi Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi juga memilih fokus sebagai wakil rakyat di DPR RI. Dia mendorong kader muda PAN untuk bersaing.

“Ada beberapa nama yang kami pertimbangkan. Kalau disuruh memilih saya pilih tetap melanjutkan di Senayan. Ada beberapa kader muda PAN yang layak diusung, seperti Irfan AB, Usman Lonta, Syamsuddin Karlos, Andi Irwandi Natsir dan Nurkanita Maruddani,” jelas Kahfi.

Sementara itu, Andi Ansyari Mangkona merasa terhormat namanya yang dijagokan PDIP sebagai Cawagub Sulsel. Ia pun sisa menunggu persetujuan DPP.

“Saya sebagai kader PDI Perjuangan, pada prinsipnya saya siap apapun perintah dan penugasan partai. Tinggal DPP nanti kita lihat apakah disetujui atau tidak,” bebernya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait