Usai Kalah dari Biden, Trump Pecat Menham AS

  • Whatsapp
Donald Trump. (Int)
Donald Trump. (Int)

MANIFESTO, JAKARTA– Presiden Donald Trump memecat Menteri Pertahanan Mark Esper usai kalah dari Joe Biden dalam pemilihan umum Presiden Amerika Serikat. 

Pemecatan ini dilakukan lantaran Mark Esper dianggap kerap menghambat rencana Trump. Pemecatan ini dilakukan 10 minggu menjelang Trump meninggalkan Gedung Putih usai kandidat Partai Republik itu kalah dalam Pilpres AS, pekan lalu.

Bacaan Lainnya

“Mark Esper telah dihentikan. Saya ingin berterima kasih atas layanannya,” kata Trump lewat Twitternya seperti dilansir AFP, Selasa 10 November 2020.

Trump mengumumkan Kepala National Counterterrorism Center dan Mantan Perwira Khusus, Christopher Miller akan menggantikan Esper sebagai Menteri Pertahanan.

Esper dipecat setelah 16 bulan bekerja mencoba untuk tunduk secara politis ketika dia mengejar reformasi mendasar pada birokrasi Pentagon secara besar-besaran. Selain itu dia juga berusaha untuk membentuk kembali postur pertahanan AS di seluruh dunia untuk fokus pada ancaman China.

Trump pun beralasan marah lantaran Esper menolak untuk mengerahkan pasukan federal untuk meredam kerusuhan sipil di Amerika Serikat yang terjadi beberapa saat lalu. Dia juga disebut memperlambat keinginan Trump untuk penarikan penuh pasukan AS secara cepat dari Afghanistan ketika kekerasan berlanjut di negara itu.

Editor: Azhar