3 Hektare Hutan dan Lahan di Riau Masih Terbakar

judul gambar

MANIFESTO.com, Dumai – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau masih terus terjadi. Kini, pemadaman karhutla dilakukan di wilayah Kota Dumai.

Komandan Regu I Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Dumai Rahmat mengatakan, pemadaman karhutla sedang dilakukan di Jalan M Yusuf, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Kamis (25/4/2019).

Bacaan Lainnya

“Sekarang kami sedang pemadaman titik api. Ini lokasi baru ( terbakar), sudah empat hari kami pemadaman di sini. Sebelumnya di Jalan Dahlia, Kelurahan Teluk Makmur,” sebut Rahmat, melalui sambungan.

Dia mengatakan, kondisi kebakaran hutan dan lahan saat ini cukup parah. Kebakaran tanah gambut itu mengeluarkan asap yang tebal.

Pemadaman pun sulit dilakukan, karena cuaca panas dan kepulan asap tebal di lokasi. Selain itu, akses untuk menjangkau titik api juga sulit, karena banyak pohon-pohon yang tinggi menghalangi petugas.

“Asapnya parah, karena gambut cukup dalam. Pemadaman juga sulit dilakukan karena kayu-kayu tinggi yang sebagian tumbang akibat terbakar. Jadi, kami harus hati-hati melakukan pemadaman,” kata Rahmat.

Pemadaman, sebut dia, dilakukan Manggala Agni Daops Dumai yang dibagi menjadi tiga tim. Kemudian petugas dari kepolisian, TNI dengan menggunakan mesin pompa air serta dibantu helikopter water bombing. “Di sini kami dibantu dua heli,” sebut Rahmat.

Menurut dia, luas lahan yang terbakar di lokasi baru ini diperkirakan sekitar tiga hektare. Namun demikian, pemadaman sulit dilakukan karena kebakaran lahan gambut.

“Di sini kami dibantu dua heli,” sebut Rahmat. Menurut dia, luas lahan yang terbakar di lokasi baru ini diperkirakan sekitar tiga hektare. Namun demikian, pemadaman sulit dilakukan karena kebakaran lahan gambut.

“Kalau lokasi yang sekarang sekitar tiga hektare terbakar. Itu tanah gambut yang mengeluarkan asap parah,” tutup Rahmat.

Sejak Januari hingga 24 April 2019, luas hutan dan lahan yang terbakar di wilayah Riau hampir mencapai tiga ribu hektare. “Luas lahan yang terbakar di Riau hingga saat ini lebih kurang 2.935,69 hektare,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Sumber : Internet

 

 

 

 

judul gambarjudul gambar

Pos terkait