Ada Darah pada ASI Anda? Ini Penyebabnya

judul gambar

MANIFESTO.com, JAKARTA– Bila Anda menemukan darah dalam ASI, jangan panik. Tak usah khawatir atau buru-buru membuangnya.

Dikutip dari situs resmi Boldsky, ini merupakan kondisi normal, terutama bagi Anda yang baru saja menjadi seorang ibu, Moms.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan adanya darah di dalam ASI, baik saat memerah ataupun menyusui langsung. Diantaranya:

Puting Luka atau Lecet

Merupakan penyebab yang paling umum atau sering terjadi. Disebabkan karena beberapa hal seperti posisi menyusui yang kurang tepat atau pelekatan yang tidak benar. Untuk mengatasinya, cobalah mengoleskan ASI atau krim khusus untuk payudara.

Penggunaan Alat Pompa ASI yang Salah

Cara menggunakan pompa yang keliru atau isapan alat pompa yang terlalu kencang juga bisa melukai puting ibu. Alhasil, ASI Anda bercampur darah.

Alat pompa ASI yang tidak cocok dengan bentuk payudara ibu juga bisa menjadi penyebabnya, Moms.

Sindrom Rusty Pipe

Sindrom rusty pipe atau pembengkakan vaskular membuat warna ASI ibu seperti warna merah muda. Hal ini biasanya terjadi setelah melahirkan, karena adanya peningkatan aliran darah ke payudara ib, sehingga terjadi perdarahan internal.

Peningkatan aliran darah ke payudara ibu secara alamiah diperlukan untuk perkembangan sel-sel yang bertugas memproduksi ASI. Darah biasanya menghilang dengan sendirinya setelah seminggu pasca-persalinan.

Pembuluh Kapiler Pecah

Pembuluh kapiler pecah terjadi karena gerakan kasar pada payudara, menekan payudara terlalu keras saat memerah dengan tangan atau menggunakan alat pompa yang tidak sesuai Moms.

Balita yang menggigit terlalu keras dapat sebabkan puting lecet dan membuat ASI bercampur darah. Foto: Shutterstock

Tumor Jinak

Perkembangan tumor jinak atau Papilloma intraductal yang terdapat pada saluran ASI bisa menyebabkan adanya darah pada aliran ASI.

Tumor jinak yang berukuran kecil ini biasanya ditemukan pada satu payudara dan tidak bisa teraba dengan tangan. Meski jinak, Anda tetap perlu secara berkala memeriksakannya ke dokter.

Lantas apakah ASI yang sudah bercampur dengan darah dapat dikonsumsi oleh bayi?

Menurut Konselor Menyusui, F.B Monika dalam bukunya yang berjudul “Buku Pintar ASI dan Menyusui”, adanya sedikit darah dalam ASI tidak membahayakan bayi.

Tapi bila jumlahnya cukup banyak, kemungkinan bayi akan menolaknya, Moms, terkait rasa yang ikut berubah.

Sumber: Kumparan

Editor: Azhar
judul gambarjudul gambar

Pos terkait