Bandara Sorowako Diambil Alih Pemprov, Dewan Salut Kinerja Awal Sudirman Sulaiman

  • Whatsapp
Ketua Komisi D DPRD Sulsel Rahman Pina mengapresiasi kinerja Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang berhasil mengambil alih Bandara Sorowako, Jumat 30 April 2021. (Ist)
Ketua Komisi D DPRD Sulsel Rahman Pina mengapresiasi kinerja Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang berhasil mengambil alih Bandara Sorowako, Jumat 30 April 2021. (Ist)

MANIFESTO, MAKASSAR– Ketua Komisi D DPRD Sulsel mengacungkan jempol dan mengapresiasi kinerja Plt Gubernur Sulsel Andi Sudriman Sulaiman atas keberhasilan mengambil alih kepemilikan Bandara Sorowako dari PT Vale Indonesia Tbk.

Dengan berpindahnya kepemilikan Bandara Sorowako, maka masyarakat Sulsel secara umum akan bisa menikmati fasilitas layanan penerbangan dari dan ke Luwu Timur. Selama ini, Bandara Sorowako terbilang sangat eksklusif bagi publik di bawah pengelolaan PT Vale.

Bacaan Lainnya

“Selama ini Bandara Sorowako sangat eksklusif, seakan ada kekuasan di atas kekuasaan. Bandara yang mestinya dimanfaatkan untuk publik, hanya untuk kepentingan PT Vale saja. Bahkan pesawat yang mendarat, sampai penumpang harus diatur PT Vale,” kata RP, sapaan Rahman Pina kepada wartawan, Jumat 30 April 2021.

Rahman Pina mengaku, ini adalah prestasi membanggakan di awal kinerja Sudirman sebagai Plt Gubernur Sulsel. Ia pun membandingkan keberhasilan mengambil alih Bandara Sorowako dengan keberhasilan Presiden Jokowi mengambil alih Pt Freeport di Timika, Papua.

“Ini kinerja awal yang membanggakan dari Pak Sudirman sebagai Plt Gubernur, ini seperti halnya Jokowi yang sukses mengamambil alih PT Freeport Indonesia,” puji Sekretaris Fraksi Partai Golkar Sulsel itu.

Penyerahan Bandara Sorowako resmi diserahkan emiten tambang nikel PT Vale Indonesia Tbk kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Jakarta pada Jumat 30 April 2021. Penyerahan Bandara itu ditandai dengan penandatanganan antara Pemerintah Provinsi Sulsel dengan PT Vale Indonesia.

Penyerahan secara resmi Bandara Sorowako dari PT Vale Indonesia ke Pemprov Sulsel, Jumat 30 April 2021. (Dok)
Penyerahan secara resmi Bandara Sorowako dari PT Vale Indonesia ke Pemprov Sulsel, Jumat 30 April 2021. (Dok)

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan penyerahan bandara itu sebagai bentuk komitmen PT Vale Indonesia kepada Pemprov dalam pengembangan Bandara Sorowako.

“Tentu ini sebagai bentuk komitmen PT Vale Indonesia kepada pemerintah untuk mengembangkan bandara Sorowako sebagai bandara pelayanan umum,” ucapnya.

Sudirman juga menilai jika penyerahan Bandara Sorowako ini sebagai wujud kepedulian dan perhatian PT Vale kepada masyarakat Sulsel, khususnya masyarakat Luwu Timur. Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur juga menyampaikan ucapan selamat kepada Chief Executive Officer (CEO) PT Vale yang baru Febriany Eddy beserta Presiden Direktur dan jajaran baru perusahaan tersebut.

“Rasa terima kasih juga kami sampaikan kepada bapak Nico Kanter (CEO yang lama) atas dedikasi dan sinergitasnya dengan pemerintah selama ini,” ungkapnya.

Pasca penyerahan itu, Sudirman mengaku akan terus berkomitmen mendukung dan mendorong PT Vale Indonesia menjadi pilar percontohan investasi yang peduli pada masyarakat, lingkungan serta terus membangun sinergitas bersama pemerintah yang terjaga dengan baik.

“Saya kira ini awal yang baik dan ke depan Pemprov Sulsel akan terus mendorong PT Vale Indonesia menjadi percontohan investasi yang peduli dengan masyarakat,” ungkap Wagub Sulsel itu.

Editor: Azhar

Pos terkait