Bawaslu Takalar Sebut 9 TPS Berpotensi Coblos Ulang

judul gambar

MANIFESTO.com, TAKALAR— Bawaslu Takalar saat ini sementara mengkaji peluang  Pemungutan Suara Ulang (PSU) alias coblos ulang di 9 Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di 4 kecamatan.

9 TPS itu tersebar di Kecamatan Polombangkeng Utara, Pattalassang, Galesong, Mangarabombang dan Mappakasunggu.

Bacaan Lainnya

“Sementara kita kaji 9 TPS di beberapa kecamatan yang diusulkan oleh Panwas Kecamatan untuk PSU,” kata Ketua Bawaslu Takalar Ibrahim Salim kepada wartawan, Sabtu 20 April 2019.

Dari 9 TPS itu, Ibrahim mengatakan, umumnya usulan PSU karena keberadaan pemilih yang tidak berdomisili di daerah itu dan tak terdaftar dalam DPT atau DPTb maupun DPK.

Ia menegaskan, pihaknya akan melakukan kajian merujuk pada UU nomor 7/2017 pasal 372 ayat 2 huruf (d) sebelum mengeluarkan rekomendasi.

“Undang-undang pemilihan umum sudah mengatur secara detail. PSU dimungkinkan tergantung rekomendasi kita nanti,” kata Ibrahim.

Mantan Ketua PPK Polombangkeng Selatan itu merinci dasar sehingga PSU bisa dilaksanakan. Di antaranya, membuka kotak suara tidak sesuai aturan, adanya perbedaan jumlah surat suara dengan pemilih, petugas KPPS memberi tanda terhadap suara tertentu dan terahir pemilih yang tidak terdaftar di DPT, DPTb dan memilih menggunakan e-KPT tidak sesuai domisilinya.

“Segera kita akan putuskan, apa hasil kajian kita, intinya dasar PSU itu yang saya sebutkan, selanjutnya kita rekomendasikan kepada KPU untuk dijalankan,” terang Ibrahim.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait