Beda SYL, Mantan Gubernur Banten Tak Sulit Tembus Senayan

judul gambar

MANIFESTO.com, JAKARTA– Dua mantan gubernur beda nasib di Pemilihan Legislatif, 17 April 2019.

Mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang maju lewat NasDem di luar dugaan tersingkir dalam bursa persaingan menuju Senayan di daerah pemilihan Sulsel II. Politisi yang akrab disapa Komandan itu kalah telak dari Hasna Syam, istri Bupati Barru Suardi Saleh.

Bacaan Lainnya

Bahkan suara SYL hanya di kisaran 20 ribuan. Jauh dari ekspektasi sebagai mantan gubernur dua periode di Sulsel.

Jika pamor SYL meredup, berbeda dengan kiprah mantan Gubernur Banten, Rano Karno. Caleg PDIP ini  lolos dengan mudah ke Senayan. Bahkan Rano meraup suara terbanyak di Banten dengan raihan hampir menembus 300 ribu suara.

Dengan suara besar Rano ini, PDIP sukses menempatkan tiga calegnya ke Senayan di dapil yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, Asep Rakhmatullah, PDIP sukses menempatkan lima calegnya ke Senayan di tiga dapil di Banten.

Lima caleg yang akan melaju ke Senayan tersebut berasal dari tiga Daerah Pemilihan (Dapil) di Banten. Dengan rincian, satu wakil dari Dapil Banten I dan Banten II, dan tiga wakil dari Dapil Banten III.

Khusus di Dapil Banten III, partai berlambang Kepala Banteng ini mampu meraup suara terbanyak. Perolehan suara tersebut terdongkrak dengan banyaknya suara yang diraih oleh mantan Gubernur Banten Rano Karno dengan jumlah 274.294 suara.

“Kami apresiasi Pak Rano Karno berhasil meraih suara tertinggi di Tangerang Raya dan mampu mendongkrak suara PDI Perjuangan,” katanya dikutip dari Gesuri.com, Kamis 16 Mei 2019.

Berdasarkan data yang diperoleh dari formulir model DC-1 KPU Provinsi Banten, raihan suara Rano Karno merupakan yang tertinggi di Banten.

Lima Caleg PDI Perjuangan yang akan menduduki kursi parlemen perwakilan dari Banten yaitu, dari Dapil Banten I Hasbi Asyidiki Jayabaya dengan raihan 40.181 suara, Dapil Banten II Ichsan Soelistyo 25.651 suara dan dari Dapil Banten III yakni Rano Karno 274.294 suara, Marinus Gea 41.471 suara serta Ananta Wahana 26.662 raihan suara.

“Ini sudah sesuai dengan target partai,” ujar Asep.

Komisioner KPU Banten, Mashdi mengatakan hasil perolehan suara tersebut sudah ditetapkan oleh KPU Banten dalam rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 tingkat Provinsi Banten yang selesai Senin (13/5) dini hari.

“Rekapitulasi DPR RI sudah kita tetapkan, tapi belum pengesahan karena kewenangan ada di KPU RI,” katanya.

Editor: Alam Malik

judul gambarjudul gambar

Pos terkait