Catat! KPU Sudah Gelar PSU di 781 TPS

judul gambar

MANIFESTO.com, JAKARTA– Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi pemandangan pada pemilu 2019 ini. Bahkan, jumlahnya cukup signifikan.

Bawaslu telah merekomendasikan KPU untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 789 TPS yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia pada Minggu (28/4) secara serentak.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan dari 789 rekomendasi PSU, KPU sudah menggelar di 781 TPS. Artinya hanya tinggal 8 TPS yang belum melakukan PSU.

“PSU sebetulnya dalam UU sampai tanggal 27 April, tapi ada sekitar 8 TPS di Maluku yang karena keterlambatan logistik itu jadi tertunda,” kata Ilham di kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat dikutip dari Kumparan, Senin (29/4).

KPU memastikan PSU yang dilakukan Minggu lalu berjalan sesuai rencana tanpa adanya kendala. Sementara untuk 8 TPS di Maluku yang belum melakukan PSU akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Untuk ke Maluku Barat Daya itu perlu transportasi laut. Tinggal dipastikan apakah akan dilaksanakan atau tidak. Saya sudah perintahkan KPU Maluku koordinasi dengan Bawaslu maluku terkait kejadian ini,” jelas Ilham.

Sementara untuk pemungutan suara susulan (PSS), KPU sudah melaksanakan di 2.293 TPS. Kemudian pemungutan suara lanjutan (PSL), KPU sudah melakukan di 379 TPS.

Lebih lanjut, untuk PSU via pos di Kula Lumpur, Malaysia dan PSL di Sydney, Australia, akan segera ditindaklanjuti oleh KPU. KPU juga sudah mengirimkan surat suara untuk Pemilu di Kuala Lumpur.

“Teman-teman PPLN Malaysia sudah punya rancangan dan tahapannya, saya enggak tau kapan dikirim, tapi prinsipnya hari ini sudah kita kirim. Begitu sampai mereka harus sortir, melipat, dan segera kirim ke pos-pos yang sudah disiapkan daftar namanya,” ujar Ilham.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait