Cegah Peredaran Ijazah Palsu, Diknas Takalar Musnahkan Ratusan Blangko

judul gambar

MANIFESTO.ID, TAKALAR- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Takalar melakukan pemusnahan ratusan blangko ijazah di halaman kantornya, Rabu 12 Februari 2020.

Blangko ijazah yang dimusnahkan adalah sisa lebih yang tidak digunakan. Pemusnahan dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan sisa blangko ijazah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bacaan Lainnya

“Yang kita musnahkan adalah sisa blangko ijazah yang tidak terpakai, ini sebagai bukti bahwa tidak ada lagi blangko ijazah yang beredar pada tahun ini,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Takalar Irwan Dg Sijaya usai pemusnahan.

Irwan menyebutkan, keseluruhan blangko ijazah yang dimusnahkan berjumlah 396. Terdiri dari 138 untuk blangko SD,145 blangko SMP dan 113 cacat.

“Yang kita musnahkan jumlahnya ratusan,” terang Irwan.

Kabid Dikdas Dahlan Gassing menambahkan, pemusnahan blangko ijazah yang tidak terpakai bersifat wajib untuk menghidari pemalsuan ijazah yang marak terjadi. Dengan pemusnahan ini, maka ijazah yang menggunakan nomor blangko ini dinyatakan palsu.

“Pemalsuan ijazah kan marak, salah satu tujuan pemusnahan blangko ya untuk mencegah pemalsuan ijazah itu,” kata Dahlan.

Selain disaksikan Sekdis dan Kabid Dikdas, hadir juga utusan Polres Takalar untuk menyaksikan kegiatan penting itu. Seluruh Korwil juga hadir menyaksikan pemusnahan blangko ijazah itu.

Editor: Azhar

 

 

judul gambarjudul gambar

Pos terkait