Diduga Produksi Hoaks, Pansus LKPj Salahkan OPD Malas Rapat

judul gambar

MANIFESTO.com, TAKALAR- Pansus LKPj DPRD Takalar akhirnya buka suara terkait dengan rekomendasi yang dikeluarkan yang diduga banyak berisikan hoaks alias tak berdasarkan fakta di lapangan.

Sekretaris Pansus LKPj Hasbullah Bali menesgaskan, hal itu terjadi karena pemerintah daerah yang tidak terbuka kepada Pansus LKPj. Bahkan, Pemkab disebut tidak mau menyerahkan LHP dari BPK kepada Pansus.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya kami bahas LKPj bupati tanpa buku laporan hasil pemeriksaan dari BPK dan kami meminta itu tapi kesannya tidak mau terbuka dengan hasil pemeriksaan,” kata Hasbullah kepada Manifesto.com, Sabtu 13 Juli 2019.

Politisi Demokrat itu mengaku, cukup menyayangkan sikap Pemkab yang tidak mau terbuka kepada Pansus. Makanya, data yang diperoleh Pansus sangat terbatas.

“Terkait hal itu kami sangat menyayangkan sikap eksekutif, karena terkesan tidak mau terbuka soal pemeriksaan BPK jadi pembahasan LKPj itu hanya berdasarkan dari informasi yang kami dengar,” ungkap Hasbullah.

Padahal kata dia, LHP dari BPK itu ada dua. Satu untuk Bupati dan satu untuk DPRD Takalar. Selain itu, tidak efektifinya pembahasan LKPj karena sebagian OPD kurang bersemangat saat pembahasan LKPj bersama Pansus.

“Sementara juga kalau pembahasan dari pihak eksekutif sedikit yang datang, ini juga kendala kami di Pansus sehingga informasi kami sangat terbatas,” kata Hasbullah.

Rekomendasi Pansus LKPj DPRD Takalar menjadi perhatian publik karena diduga banyak bersikan hoaks. Di antaranya, DPRD merekomendasikan kepada penegak hukum untuk mengusut anggaran Rp300 juta lebih pembangunan Kantor Balai Pembibitan Ternak yang dinilai tak terealisasi, padahal sudah rampung.

Pansus juga merekomendasikan kepada penegak hukum untuk mengusut anggaran Rp100 juta lebih pembagunan Pos Kesehatan Hewan karena dianggap tak terealisasi tanpa dasar. Ironisnya, pembagunan Pos Kesehatan Hewan oleh Kadis Pertanian dianggap tak pernah dianggarkan dalam APBD 2018.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait