Dilan 1991 Dijiplak Shopee, Max Pictures Surati Presiden

judul gambar

MANIFESTO.com, JAKARTA – Film ‘Dilan 1991’ yang tayang di bioskop sejak 28 Februari lalu hingga kini telah ditonton 4.553.435 orang. Kesuksesan film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla menjadikan beberapa pihak mencoba memanfaatkan untuk meraih keuntungan finansial secara ilegal.

Produser Max Pictures, Ody M Hidayat, menyebutkan bahwa salah satu yang diduga melakukan penjiplakan yakni Shopee lewat video iklan berjudul Dilon 2019. “Terdapat banyak kemiripan dengan atribut khas dari seri film Dilan, salah satunya adalah bentuk font untuk penulisan judul dalam video iklan itu sangat mirip dengan yang digunakan pada film Dilan,” tutur pemilik sah dari hak cipta atas seri film Dilan tersebut.

Bacaan Lainnya

Ody pun berusaha segera melakukan tindakan pencegahan dan peringatan. “Kami sudah mengirim surat resmi kepada kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, terkait hal ini,” ujarnya saat konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (12/3).

Max Pictures, lanjut Ody sangat menyayangkan penjiplakan yang bertujuan untuk kepentingan komersial. “Kami bersurat guns meminta perlindungan terkait hak cipta, sehingga karya kami tidak digunakan sembarangan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang, seperti yang dilakukan Shopee,” terangnya.

Ody mengetahui adanya dugaan penjiplakan ketika sedang nonton di bioskop. “Itu bukan sponsor kita. Tapi, kan lihat kostumnya, font-nya bisa lihat sendiri kan, kok segitunya banget sih. Kita tidak pernah deal apa-apa,” tuturnya.

Hingga saat ini, Max Pictures belum menemui pihak Shopee untuk membicarakan mengenai dugaan penjiplakan. Sebab, ia menduga tak hanya satu e-commerce yang melakukan hal itu. Namun, ada juga pihak-pihak lain yang bertindak serupa.

Sumber : Internet

judul gambarjudul gambar

Pos terkait