Genjot IPM, Pemkab Takalar Mulai Kumpulkan Data Anak Putus Sekolah

judul gambar

MANIFESTO.ID, TAKALAR– Pemkab Takalar mulai mengumpulkan data angka putus sekolah di Takalar.

Kali ini Pemkab menerima dokumen jumlah anak putus sekolah dari lima desa di Kecamatan Galesong Utara. Penyerahan dilakukan secara resmi di Aula Hotel Wisata Sampulungan, Senin (7/10/2019).

Bacaan Lainnya

Masing-masing desa yang menyerahkan dokumen jumlah anak putus sekolah tersebut yakni Desa Sampulungan, Desa Aeng Towa, Desa Tamalate, Desa Bontokaddopepe, dan Desa Pakkabba.

Pelaksana tugas (Plt) desa Sampulungan Rustam menjelaskan bahwa penyerahan dokumen anak putus sekolah merupakan bagian dari gerakan ayo kembali ke sekolah yang merupakan program strategis pemerintah kabupaten Takalar tahun ini.

“Khusus di Desa Sampulungan jumlah data anak putus sekolah yang kita laporkan kita 33 orang yang terdiri dari SD dan SMP, dari data tersebut nantinya akan dicocokkan kembali data dengan data dari dinas Pendidikan, dan selanjutnya kembali disekolahkan mulai dari jenjang SD-SMP. Jika warga yang sudah berkeluarga maka akan disekolahkan kembali melalui SKB,” jelas Rustan.

Untuk diketahui, gerakan ayo kembali ke sekolah merupakan program strategis Pemkab Takalar dalam upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten Takalar.

Gerakan ayo kembali ke sekolah merupakan upaya untuk mendorong semangat kembali ke sekolah bagi warga, serta upaya menurunkan angka putus sekolah karena angka rata-rata lama sekolah yang masih sangat rendah bahkan cenderung kurang dari 12 tahun.

Dari program ini diharapkan juga supaya anak usia sekolah yang tidak tertampung bisa diajak kembali untuk bersekolah.

Serta mengintervensi warga agar kembali bersekolah melalui bantuan modal usaha yang diberikan oleh Pemerintah, dengan syarat warga yang memperoleh bantuan namun belum menyelesaikan pendidikan ditingkat SD, SMP, dan SMA wajib mengikuti Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sesuai dengan jenjang pendidikan terakhir yang ditempuh.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait