Gerakan Mahasiswa dan Pelajar Kebangsaan Dideklarasikan di Sulawesi Selatan

  • Whatsapp
Gerakan Mahasiswa dan Pelajar Kebangsaan (GMPK) dideklarasikan di Provinsi Sulsel, tepatnya di Hanggar Tala Salapang, Sabtu (25/6/2022). Foto/Istimewa
judul gambar

MAKASSAR, MANIFESTO – Gerakan Mahasiswa dan Pelajar Kebangsaan (GMPK) akhirnya merambah ke daerah-daerah, setelah dideklarasikan di Jakarta, Jumat (10/6/2022). Provinsi Sulawesi Selatan menjadi daerah pertama di Indonesia yang melakukan deklarasi hadirnya Pengurus Wilayah GMPK.

Kegiatan deklarasi ini berlangsung di Hanggar Tala’ Salapang, Sabtu (25/6/2022). Dalam deklarasinya, GMPK yang diwakili oleh Ilham Azhari Said selaku deklarator sekaligus Ketua Pengurus Wilayah GMPK Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa GMPK hadir sebagai bentuk keresahan mahasiswa dan pelajar melihat kondisi bangsa hari ini.

Bacaan Lainnya

Berbagai macam persoalan kebangsaan, dianggap perlu menjadi perhatian seluruh anak bangsa. “Hari ini kita deklarasi, ini bentuk keresahan kami selaku anak bangsa melihat kondisi negara kita hari ini,” ucap Ilham.

Menurut dia, persoalan-persoalan bangsa hari ini begitu kompleks. Mulai dari praktek oligarki kekuasaan, korupsi yang tidak henti-hentinya dilakukan pejabat negara, hingga kondisi kesejahteraan rakyat yang seakan terabaikan menjadi segudang persoalan yang harus diselesaikan bersama.

“Kita prihatin dengan kondisi bangsa kita hari ini. Oligarki dan korupsi merajalela, rakyat semakin sengsara. Ini yang perlu jadi perhatian kita bersama,” sebut dia.

Lebih lanjut, Ilham menegaskan, GMPK juga bertanggung jawab untuk ikut mewujudkan cita-cita bangsa. “Ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa adalah salah satu tujuan didirikannya GMPK. GMPK harus betul-betul hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya bagi kaum mahasiswa dan pelajar sebagai ujung tombak negara,” tutup dia.

Dalam kegiatan deklarasi ini, turut hadir Aiman Adnan selaku deklarator dan sekaligus Ketua Umum GMPK. Sekadar diketahui, setelah di Sulawesi Selatan, GMPK juga akan segera melakukan deklarasi di seluruh daerah di Indonesia lainnya.

Editor: Azhar

Pos terkait