Hasil Sidang Isbat: Awal Ramadan Senin, 6 Mei 2019

judul gambar

MANIFESTO.com, JAKARTA–Kementerian Agama telah selesai menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1440 H. Hasil sidang sebagaimana diprediksi, pemerintah menetapkan hari pertama puasa jatuh pada Senin, 6 Mei 2019.

“Dengan posisi hilal dan mendengar kesaksian petugas (peru’ya), sidang isbat secara mufakat bersepakat menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari,” ujar Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5).

Bacaan Lainnya

Pemantauan hilal digelar di 102 titik di Indonesia, dan 9 petugas melaporkan melihat hilal. Sementara data hisab menunjukkan ketinggian 4-5 derajat.

Sidang sudah mulai digelar sejak pukul 17.00 WIB di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama. Secara keseluruhan sidang isbat ini dihadiri sejumlah pimpinan ormas Islam, MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari negara-negara sahabat dan sejumlah tokoh Islam.

Hasil ini sama dengan Muhammadiyah yang sudah lebih dulu menetapkan awal puasa jatuh pada esok hari. Muhammadiyah menggunakan metode hisab (perhitungan astronomis), sehingga bisa mengetahui awal bulan sejak jauh hari.

Sementara pemerintah, dalam sidang isbat, masih menggunakan metode manual yaitu melihat hilal atau awal bulan dengan menggunakan teropong/teleskop di berbagai daerah di Indonesia.

Sumber: Kumparan
judul gambarjudul gambar

Pos terkait