Ini yang Membuat Aroma Bayi Menyenangkan dan Bikin Kangen

judul gambar

MANIFESTO.com, JAKARTA – Bayi punya aroma tubuh yang khas. Aroma itu bukan hanya disukai para orang tuanya, tapi juga orang lain yang berdekatan dengan bayi. Percaya atau tidak, mencium aroma bayi sama menyenangkannya dengan mendapatkan hadiah atau mengonsumsi makanan enak. Pernahkah Anda bertanya, dari mana datangnya aroma itu?

Para peneliti pun mencari tahu hal yang membuat aroma bayi menyenangkan. Mereka punya dua teori. Pertama, bau bayi berasal dari bahan kimia yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat. Namun, bau mereka tidak bertahan lebih dari enam minggu karena metabolisme mereka mulai berubah ketika mulai makan dan minum. Aroma mereka akan berbeda dibandingkan dengan ketika hanya mendapatkan makanan melalui tali pusat.

Bacaan Lainnya

Kedua, aroma menyenangkan bayi tersebut berasal dari vernix caseosa, semacam substansi lemak, yang menutupi kulit bayi yang baru lahir. Ketika lemak itu dicuci, aromanya dapat bertahan dalam waktu tertentu.

Aroma bayi yang menyenangkan semua orang itu memang akan pudar seiring dengan pertambahan usia mereka. Tapi bagi orang tuanya, aroma itu masih bisa tercium sampai mereka memasuki usia lima tahun.

Sumber: Tempo

judul gambarjudul gambar

Pos terkait