Investor Lirik Bangun Kilang Minyak di Takalar

judul gambar

MANIFESTO.com, MAKASSAR – Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke XIX dibuka oleh Menpan Syafruddin di Gedung Serbaguna Wisma Negara Makassar, Centre Poin of Indonesia (CPI) di Makassar Minggu 16 Juni 2019.

Menpan mewakili Wapres Jusuf Kalla yang tidak sempat mengikuti pembukaan ajang tahunan itu. PSBM dihadiri juga oleh Wakil Gunernur Andi Sudirman Sulaiman, Ketua Kerukunan Keluarga Sulsel Sattar Taba, anggota DPR Aliyah Mustika Ilham, bupati se-Sulsel, rektor, dan ratusan pengusaha Sulsel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

PSBM XIX mengusung tema “Bersinergi Memajukan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal”. Pada PSBM kali ini, Takalar mendapatkan kabar gembira karena terpilih sebagai salah satu daerah pembangunan kilang minyak di Sulsel.

“Takalar dipilih investor untuk rencana pembangunan kilang minyak, tentunya kerja sama dengan Pertamina,” kata Ketua KKSS Sattar Taba dalam pembukaan PSBM XIX.

Pembangunan kilang minyak satu paket dengan Kawasan Industri yang akan dikerjasamakan dengan PT Kawasan Brikat Nusantara. Proyek ini direncanakan berlokasi di beberapa desa di kecamatan Mangarabombang.

“Alokasi anggaran sekitar Rp200 triliun untuk pembangunan kilang minyak,” kata mantan Dirut Semen Tonasa itu.

Terkait rencana itu, Bupati Takalar Syamsari Kitta menyambut baik pembangunan kilang minyak di lokasi Kawasan Industri Takalar. Dengan keberadaan Kawasan Industri Takalar kata Syamsari, akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, menggerakkan sektor ril dengan tumbuhnya usaha-usaha baru.

“Kita apresiasi karena Kawasan Industri ini berpotensi menggerakkan ekonomi dan menyerap tenaga kerja yang diperkirakan mencapai 15 ribu,” kata Syamsari.

Selain itu, kawasan ini juga akan menempatkan Takalar sebagai salah satu pintu perdagangan Internasional. Pasalnya, Kawasan Industri tersebut akan dilengkapi dengan pelabuhan yang akan mengekspor langsung barang yang dirakit di Kawasan Industri Takalar ke luar negeri.

“Kita berharap ke depan masyarakat Takalar akan semakin sejahtera,” harap mantan anggota DPRD Sulsel dua periode itu.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait